Akhirnya 85 TKI Ilegal Itu Dipulangkan

280 views

SemeruSatu.com (Surabaya): Sejak Senin (27/7/2015) , ke 85 CTKI ilegal asal Jawa Timur sempat menginap di lapangan tennis Mapolda Jatim. Meski akhirnya dipulangkan ke tempat asalnya masing masing, usai mereka tertangkap oleh anggota Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Ditreskrimsus Polda Jatim saat hendak terbang dengan pesawat City Link dengan tujuan Malaysia.

Kabarnya, Selasa (28/7/2015) akan dipulangkan ke tempat asalnya masing masing, ada yang tinggal di Ngawi, Lumajang, Jember dan Ponorogo. Tentunya mereka sudah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik. Barang bukti yang disita penyidik 56 paspor.

Kronologinya, pada 27 Juli 2015, anggota Unit IV Subdit IV Tipiter Ditreskrisus Polda Jatim melakukan koordinasi dengan pihak keamanan Bandara Juanda dan Disnaker, bahwa akan ada pemberangkatan calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) melalui jalur transit dengan tujuan bekerja di Malaysia.

Modus operandi, pelaku melakukan perekrutan dan penyaluran TKI ilegal dengan cara menyediakan sarana transportasi via travel (jalur darat dan udara). Sementara pelaku dalam pencarian alias buron. (eru)

Foto: para TKI ilegal28 TKI Ilegal

Category: Indeks Berita, Polda