Hebat…Ada Pemulung Jadi Bintara Polri

1656 views

2 kabid humasSemeruSatu.com (Surabaya): Baru kali pertama dan mungkin sepanjang sejarah Polri, ada pemulung berhasil lulus tes menjadi Bintara Polrti tanpa biaya sepeserpun. Ini adalah hebat. Adalah Yudha Satria (21) lulusan SMK TPI Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur.

Yudha merupakan anak ke 3 dari 4 bersaudara pasangan Sunaryo (56) dan Riniwati (53) warga Bunga, Sidoarjo.  Sejak kecil bercita cita menjadi polisi, akhirnya kesampaian atau terwujud.

Lelaki berkulit sawo matang itu lulus menjadi Bintara Polri tahun 2015. Dan mengikuti pendidikan Polri di Watu Kosek, Mojokerto, Jawa Timur selama 6 bulan bersama rekan rekannya. Ratusan bintara Polri itu, sejak Jumat (31/7/2015) berangkat dari Mapolda Jawa Timur menuju lokasi pendidikan, di Watu Kosek.

Yudha lulus Sekolah Dasar  (SD) tahun 2006, lulus SMP PGRI I Sidoarjo tahun 2011 dan SMK TPI tahun 20014.  Sejak kelas 2 SD, sudah bisa mendiri untuk mencari uang. Caranya menjadi pemulung (mencarti barang barang bekas di mana saja, diantarnya tempat sampah). Kemudian barang bekas itu dikumpulkan lalu dijual kepada pengepulnya.

Uang hasil penjualan barang bekas itu dikumpulkan sebagian untuk biaya sekolah dan dibuat jajan.Hal ini dilakukan hingga Yudha lulus SMK tahun 2014.  “ Saat itu saya harus bekerja keras untuk bisa membantu orang tua, meski orang tua saya (bapak) sudah pergi (pisah) meninggalkan ibu saya (keluarganya),” kenang Yudha saat berada di Mapolda Jatim.

Yang jelas berkat kerja keras dan tekatnya untuk menggapai cita citanya, akhirnya Yudha saat lewat di depan Mapolda Jawa Timur di Jalan A Yani Surabaya sempat melihat pengumuman perekrutan Bintara Polri.

Kesempatan itu tidak disia siakan oleh Yudah, kemudian singkat kata, Yudha mengurus surat surat dan memfoto copy mulai KTP termasuk ijasah dan lain lain untuk perlengkapan persyaratan masuk menjadi calon Bintara Polri 2014 – 2015.

Alhamdulillah dan rasa  syukur, sekali mengikuti tes calon Bintara Polri lulus. Bergembira bercampur senang bukan hanya dialami oleh Yudha, tapi termasuk ibunya dan saudara saudaranya yang lain.

“ Terus terang, ibu saya sempat meneteskan air mata mendengar ceritera dari saya kalau saya lulus dan menjadi Bintara Polri,” kata Yudha yang siang itu, Jumat (31/7/2015) berdialog dengan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes R.P Argo Yuwono di gedung Humas Polda Jatim. (eru)

Foto: Yudha Satria didampingi Kabid Humas Polda Jatim

 

Category: Headline, Indeks Berita, Polda