Polres Pasuruan Tangkap DPO Pencuri Kabel Telepon

1100 views

SemeruSatu.com (Pasuruan): Anggota buru sergap (buser) Polres Pasuruan berhasil membekuk buronan mencuri kabel telepon milik PT Telkom di wilayah Purwodadi – Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kasubbag  Humas  Polres Pasuruan, AKP MD Yusuf SH MM mengatakan, pelaku yang tertangkap itu sejak lama masuk daftar pencarian orang (DPO). Adalah Khoiru M (33) warga Sedodol, Desa Plingngisan, Kecamatan Kraton, Pasuruan.

Aksi pencurian kabel telepon itu terjadi Jumat (15/6/2012) sekitar pukul 02.30 WIB. Posisi kabel telepon yang dicuri berada di pinggir jalan Raya jurusan Purwodadi – Nongkojajar termasuk Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. Dan pelaku berhasul tertangkap, Rabu (29/7/ 2015) pukul 19.00 Wib  di rumah kos.

Pelaku terrangkap oleh anggota  Buser Polres Pasuruan yang di pimpin Kanit usernya Ipda Agus Purnomo telah berhasil melakukan penangkapan pelaku DPO dalam kasus pencurian dengan pemberatan atau pencurian kabel telepon milik PT  Telkom Pasuruan. Pelaku ditangkap di tempat rumah kosnya  di Desa Bakalan, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan.

Aksi pencurian itu dilakukan pelaku dan kawan kawan (4 orang) seperti  Heri alias  Luwuk (25)  tertangkap,  Arif Mauludi ( 27)  tertangkap,  Hendrik (24)  tertangkap dan yang terakhir adalah pelaku DPO yang sekarang ini tertangkap, Khoiru M.

Aksi pencurian dilakukan dengan cara pelaku datang kelokasi dengan menggunakan kendaraan sepeda motor Yamah RX King. Selanjutnya para pelaku memanjat tiang telepon untuk melakukan pemotongan kabel telepon udara ( KU ) jenis K.001 dengan ukuran 100 x 0,2 x 0,6 milimeter  dengan alat Gergaji besi sepanjang 50 Meter.

Saat para pelaku melakukan pencurian kebetulan ada anggota Polsek Purwodadi melakukan Patroli di tempat kejadian. Kemudian para pelaku mengetahui ada petugas patroli datang. Selanjutnya pelaku melarikan diri dan meninggalkan barang-barang hasil curiannya berupa kabel telepon yang sudah dipotong dan gergaji alat untuk memotong, serta sepeda motor Yamaha RX King  milik para pelaku.

Saat itu kebetulan polisi  belum berhasil menangkap pelaku, namun polisi sempat menyita barang bukti untuk diamankan di Polsek. Kemudian pelaku dilakukan penyelidikan yang dilakukan anggota Polsek dibantu oleh anggota Buser Polres Pasuruan.

Pada  Minggu, 8 Desember 2013,  polisi berhasil menangkap pelaku yang awalnya yaitu bernama Arif Mauludi  dirumahnya. Ini berdasarkan barang bukti yang disita di lokasi kejadian. Kemudian dikembangkan dan berhasil lagi membekuk  pelaku Heri dan Hendrik. Dalam pemeriksaan ketiga pelaku mengakui melakukan pencurian kabel tersebut. Sementara waktu itu pelaku Khoiru yang belum berhasil tertangjao masuk DPO Polres Pasuruan . Dan akhirnya pelaku Khouru tertangkap juga. (eru)

Foto: DPO yang tertangkap masuk penjara (infopoljatim.com)

1 curi kabel pasuruan

Category: Indeks Berita, Polres