Gemar Nulis Artikel dan Buat Buku

286 views

16 AntonnnnSemerusatu.com: Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen DR Drs H Anton Charliyan MPKN, yang kelahiran di Tasikmalaya, Jawa Barat, 29 November 1960. Anton – sapaan akrabnya sejak 6 Maret 2015 mengemban  tugas sebagai Kadiv Humas Polri. Sebelumnya menjabat sebagai Karodibinklat Lemdiklat.

Anton berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Karodibinklat Lemdiklat. Diantara jabatan lain yang pernah diembannya adalah Kanit III Dit I/Kam dan Trannas Bareskrim Polri, Kapolwil Priangan (2008), Wakapolda Kalteng (2009), Karodibinklat Lemdiklat (2012) dan Kadivhumas Polri (Maret 2015).

Jenderal Polisi berbintang dua itu juga gemar membaca dan menulis artikel atau opini sekaligus juga pernah  meluncurkan buku “Master Leadership”. Buku ini menyingkap 99 rahasia kearifan lokal nusantara soal kepemimpinan, di Warung Daun, Cikini Jakarta, Jakarta Pusat.

Hadir sebagai narasumber dalam mendiskusikan buku tersebut diantaranya pakar Antropologi Politik Prof. Subur Budhisantoso, politisi DPR RI Akbar Faizal, eks Ketum KOWANI yang juga pengamat pendidikan Dewi Motik Pramono, serta Direktur Pemberitaan Media Indonesia Usman Kansong.

Dijelaskan Anton, buku ini mengungkap kearifan lokal soal leadership. Pasalnya, negeri ini memiliki sejarah yang panjang soal toko-toko legendaris yang berhasil dalam menjalankan prinsip kepemimpinan.

“Mereka telah menjadi legenda karena menerapkan prinsip leadership yang benar. Terbukti ajaran mereka mampu mensejahterahkan rakyat,” ujar Anton.

Melalui Master Leadership, Anton mengajak untuk bertamasya menyusuri lorong waktu soal nilai-nilai kepemimpinan yang dijalankan para tokoh di masa lalu dan kini diungkap secara reflektif. “Prinsip leadership mereka digali kembali” terangnya.

Selain itu, buku Master Leadership menawarkan dan mengungkap kembali beberapa model kepemimpinan berdasarkan kearifan lokal.

“Pakem kepemimpinan yang berhasil dijadikan spirit baguli pemimpin atau calon pemimpin masa kini,” jelasnya

“Karena bisa jadi, negara bangsa ini membutuhkan model yang sebenarnya justru telah ada dan bersumber dari bumi nusantara,” lanjut Anton. Dilansir dari berbagai sumber. (eru)

Foto: Irjen Pol Anton Charliyan

Category: Indeks Berita, Profil