Kadiv Humas Polri: Tetap Waspada Jelang Pilkada Serentak

272 views

3  Pilkada-SerentakSemerusatu.com (Jakarta): Kepada Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Anton Charliyan mengingatkan seluruh jajaran Kepolisian dan berbagai masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan menjelang dimulainya tahapan Pilkada serentak 2015 di beberapa daerah.

“Sesuai dengan petunjuk Pak Kapolri, agar jajaran Kepolisian RI dan semua pihak mewaspadai sumber-sumber konflik yang berpotensi terjadi pada Pilkada serentak ini,” kata Kadiv Humas Irjen Anton Charliyan di Mabes Polri, dilaman tribratanews.com, Kamis (23/7/2015) lalu

Dijelaskan, paling tidak ada enam faktor yang berpotensi menjadi sumber konflik di wilayah yang menyelenggarakan Pilkada. “Sumber pertama, historis konflik di wilayah tersebut,” lanjut Irjen Anton Charliyan.

Yang kedua, kepengurusan ganda di dalam partai politik. “Yang ketiga adanya potensi konflik yang dibawa calon sebagai pribadi. Keempat, potensi konflik yang bersumber dari karakter masyarakatnya,” tandas Irjen Anton Charliyan.

Selanjut, faktor kelima yang berpotensi menjadi sumber konflik adalah penyelenggara Pemilu. “Kalau ada penyelenggara Pemilu yang berpihak atau tidak adil, ini akan menjadi faktor pemicu konflik,” kata Irjen Anton Charliyan.

Sedangkan faktor keenam adalah konflik yang bersumber dari pribadi, kelompok partai maupun daerah. “Keenam sumber konflik ini harus menjadi perhatian jajaran Kepolisian dan berbagai elemen masyarakat,” tegas Irjen Anton Charliyan. (eru)

Foto: pilkada serentak 2015 (kabarsebelas.com)

Category: Indeks Berita, Mabes Polri