Muktamar Muhammadiyah ke 47 Bebas Intervensi Politik

252 views

2 muktamar muhammdiyahSemeruSatu.com (Makssar): Panitia Pemilihan Muktamar Muhammadiyah memastikan pelaksanaan Muktamar ke-47 bebas intervensi politik. Sistem pemilihan dan kedewasaan Muhammadiyah dalam berdemokrasi diklaim sudah teruji integritasnya.

“Kelahiran tokoh dan pemimpin Muhammadiyah selalu natural, tidak ada pemimpin karbitan yang muncul begitu saja,” kata anggota Panlih Muktamar Muhammadiyah, Saleh Partaonan Daulay, Minggu (2/8/ 2015).

Sistem dan mekanisme pemilihan berjenjang dan juga panjang menjauhkan intervensi. Setahun sebelum muktamar, mekanisme pemilihan sudah dibicarakan pada sidang tanwir. Dalam sidang tersebut dibahas akurasi calon pemimpin Muhammadiyah.

“Pada saat peserta datang ke arena muktamar, biasanya tidak ada persoalan lagi,” katanya.

Proses pengusulan calon, pemilihan bakal calon, sampai pemilihan formatur di muktamar bahkan sudah diatur sebelumnya. Karenanya, persaingan yang terjadi berjalan dengan santun. Prinsip berlomba dalam kebaikan menjadi dasar dalam persaingan.

Saleh menuturkan Muktamar Muhammadiyah memilih 13 orang calon formatur. Peserta yang mencapai 2.500 orang itu dianggap sulit bagi kelompok tertentu yang ingin mengarahkan pemilih kepada kandidat tertentu.

Muktamar Muhammadiyah ke-47 digelar di Makassar selama 3-8 Agustus 2015. Panitia mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan 32 hotel dan 35 pengusaha katering yang akan melayani akomodasi muktamirin. Panitia menganggarkan pelaksanaan Muktamar hingga Rp70 miliar.

Category: Headline, Indeks Berita, Indonesia