Presiden Jokowi Buka Muktamar Muhammadiyah ke 47 di Makassar

220 views

3 jokowi n dinsamsudinSemeruSatu.com (Makassar): Presiden Joko Widodo buka Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Lapangan Karebosi Makassar, Senin (3/8/2015). Presiden dan rombongan disambut Tarian Paduppa dan Lagu Sang Surya.

Jokowi yang tiba sekitar pukul 08.30 Wita, nampak mengenakan setelan jas hitam dan kopiah hitam  didampingi Ibu Negara Iriana yang mengenakan kebaya putih dan jilbab batik abu-abu.

Kedatangan Jokowi langsung disambut Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid, Gubernur Sulawesi Syahrul Yasin Limpo dan sejumlah pejabat lain. Jokowi beriringan bersama Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Irman Gusman dan Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Acara kemudian berlangsung dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, Jokowi dipersilakan duduk, ketika menyanyikan lagu hymne Muhammadiyah, Sang Surya, semua kader Muhammadiyah tetap berdiri.

Gelar Pahlawan

Din Syamsuddin dalam pidatonya menyinggung soal gelar pahlawan bagi kader Muhammadiyah. Ketua Umum PP Muhammadiyah ini meminta, pemerintah menjadikan tiga tokoh Muhammadiyah sebagai pahlawan. Ketiganya yakni Kasman Singodimedjo, Ki Bagus Hadikusumo, dan Abdul Kahar Moezakkir.

Menurut dia, sudah sewajarnya pemerintah memberi penghargaan kepada mereka. Segala persyaratan sudah siap, ketiga tokoh itu ikut serta berjuang dalam kemerdekaan.

“Muhammadiyah terlibat jauh sebelum negara ini hadir. Prof Kahar Moezakkir, Ki Bagus Hadikusumo, dan Kasman Singodimedjo memiliki peran kebangsaan yang nyata dalam PPKI atau BPUPKI. Bahkan Kasman Singodimedjo menjadi Ketua Komite Nasional Indonesia Pusat,” ujar Din Syamsuddin di Makassar di laman viva co id.

Din menambahkan, Muhammadiyah memiliki komitmen tinggi pada Pancasila dan siap bersama elemen bangsa yang lain mengisi negara ini dengan program Pancasilais.

(eru)

Foto: Jokowi dan Dinsamsudin

 

Category: Headline, Indeks Berita, Indonesia