Tanya Persiapan PAM Pilkada Serentak, Komisi III DPR RI Kunker ke Polda Jatim

305 views

3 DPR Kunjung Polda JatimSemerusatu.com (Surabaya): Komisi III DPR-RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Polda Jatim, Senin (3/8/2015). Tujuan Kunker ini untuk memantau kesiapan Polda Jatim dalam melakukan persiapan jelang dilaksanakan Pilkada serentak di 19 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Wihadi Wiyato, SH. MH, dari Fraksi Gerindra Dapil Jatim IX, selaku pimpinan rombongan menyampaikan, Polda sebagai salah satu elemen yang terpenting dalam pengamanan pilkada harus benar-benar siap mengingat pentingnya pilkada yang akan digelar  serentak.

Sementara, Ir Adies Kadir anggota Komisi III dari Fraksi Partai Golkar menyatakan, pihaknya ingin mengetahui sejauhmana kesiapan Polda Jatim dalam rangka pengamanan. “Kami juga menanyakan terkait kesiapan anggaran apakah sudah sesuai dengan kebutuhan polisi dalam pengamanan sebagai wujud fungsi DPR dalam fungsi anggaran,” lanjut anggota DPR yang berangkat dari Dapil 1 Jawa Timur ini.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Raden Prabowo Argo mengatakan, keempat anggota DPR RI tersebut membawa permasalahan dan masukan untuk disampaikan kepada Kapolda.Terutama mengenai berlangsungnya Pilkada serentak di Jawa Timur.

“Yang jelas pada intinya, mempertanyakan anggaran Pilkada di Jawa Timur, apakah ada kendala atau tidak,” kata Raden Prabowo Argo Yuwono, Senin (3/8/2015).

Saat mendatangi Mapolda, lima anggota DPR-RI tersebut ditemui langsung oleh Irjen Anas Yusuf Kapolda Jawa Timur beserta pejabat utama. Dalam kesempatan itu ditegaskan, bahwa Pilkada serentak di Jawa Timur tidak menemukan kendala.

“Namun, kenyataannya dijawab sama Kapolda, kalau Jawa Timur tidak ada permasalahan mengenai anggaran pilkada serentak. Semuanya mendukung pilkada serentak yang ada di 19 Kota/ Kabupaten di Jawa Timur,” ujar Kapolda.
Ada tiga daerah, lanjut Kapolda yang calonnya masih satu orang yang maju sebagai kepala daerah, Pacitan, Surabaya dan Blitar.

“Tiga daerah itu dipastikan tidak berpotensi kerawanan. Tapi, semua tetap dilakukan antisipasi,” katamnya.

Dalam kunjungan tersebut, anggota Komisi III lansung melanjutkan kunjungan dengan mendatangi Kantor Satpas Satlantas Polrestabes di Kolombo. Setelah dari Satlapas, Komisi III langsung melanjutkan kunjungan ke Kantor BNNP Jatim.(bj/eru)

Category: Headline, Indeks Berita, Polda