Empat Kapal Perang US Navy Tiba di Surabaya

456 views

4 Kedatangan kapal ASSemerusatu.com (Surabaya): USS Fort Worth (LCS-3), satu dari empat kapal perang  Angkatan Laut Amerika Serikat atau US Navy yang akan terlibat dalam Latihan Bersama TNI AL dengan US Navy (Carat-15) merapat pukul 09.15 Wib di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak, Senin (3/8/2015).

Selang beberapa waktu, USNS Safe Guard (ARS-25) juga tiba dan merapat di Dermaga Madura, Ujung, Koarmatim Surabaya, sedangkan satu kapal perang lainnya yaitu USS Germantown (LSD-42) dijadwalkan merapat, Selasa (4/8/2015) di Dermaga Jamrud Utara. Sedang lainnya yaitu USS Preble akan bergabung langsung di daerah latihan bersama.
Kehadiran empat kapal perang US Navy di Surabaya ini, tidak lain adalah untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Latihan Bersama TNI AL dengan US Navy yang diberi nama CARAT (Cooperation Afloat Readiness and Training) 2015, yang menurut jadwal akan dilangsungkan tanggal 3 hingga 11 Agustus 2015 mendatang.

Kedatangan USS Fort Worth di Dermaga Jamrud Utara disambut dengan meriah tarian Gandrung Banyuwangi sebagai symbol ucapan selamat datang. Turut hadir dalam acara penyambutan tersebut Kadispotmar Lantamal V Letkol Laut (P) Didik Dhuwijantoko, Komandan KRI Diponegoro – 365 Letkol Laut (P) Daru, Dandenma Lantamal V Letkol Mar Teguh Santoso, para kepala dinas/satker di jajaran Lantamal V, serta para pamen, pama, bintara, tamtama dan Satuan Musik Lantamal V.
Komandan USS Fort Worth CDR Cristhoper A. Brown sempat mendapatkan kalungan bunga dari para penari yang menyambut kedatangan mereka di Surabaya. Usai acara penyambutan, para pejabat TNI AL yang menyambut di dermaga diajak untuk naik dan berkunjung ke atas kapal perang US Navy.
Bila dilihat dari spesifikasinya, USS Fort Worth memilik bobot 3.900 ton, panjang 118 m, dengan lebar 17,7 m serta tinggi sekitar 6,4 m. kapal ini bisa dipacu hingga kecepatan 45 knots yang dihasilkan dari 2 mesin Rolls Royce tipe MT 30, 36 MW Gas Turbines, 2 Colt Pielstick diesel engines, dan 4 Rolls Royce.

USS Fort Worth juga dilengkapi dengan persenjataan jenis torpedo (Mark 50 Torpedo) serta misil (Netfires PAM missile in the ASuW module, RIM 116 Rolling Airframe Missiles). Demikain informasi Budi R-71/Kabag Pen. (eru)

Foto: kehadiran anggota dari kapal perang

 

Category: Headline, Indeks Berita, Indonesia