Tahun 2016, Polres Jember Berubah Jadi Polresta Jember

1189 views

5 Kapolres Jember Sabilul ALiefSemerusatu.com (Jember): Perkiraan tahun 2016 mendatang Polres Jember segera diajukan naik status menjadi Polresta, dengan pertimbangan luas wilayah dan jumlah kasus kriminal yang  tinggi. Jika teralisasi, jabatan Kapolres akan dipimpim perwira polisi berpangkat komisaris besar.

Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif mengatakan,  bersama Kabag Perencanaan Polres Jember, Komisaris Polisi Bagio, sudah memberikan paparan di Mabes Polri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KEMENPAN). “Sebenarnya, wacana kenaikan status itu sudah dilakukan beberapa tahun sebelumnya,” ujar Kapolres.

Menurut Sabilul, usulan kenaikan Polres Jember itu didasarkan pada jumlah penduduk yang besar, luas daerah, serta tingkat kriminalitas. Dengan jumlah penduduk mencapai Rp 2,8 juta jiwa, dengan luas wilayah sekitar 250.000 km2, Polres Jember layak dinaikkan status menjadi Polresta. Peningkatan status tersebut akan berpengaruh dengan penambahan jumlah personil, termasuk pangkat atas jabatan tertentu termasuk Kapolres. Jumlah personil yang biasanya 1.200 orang personil, akan ditingkatkan hingga 2.000 orang.

Sabilul menambahkan, rencana kenaikan status tersebut paling cepat bisa direalisasikan tahun 2016, karena masih perlu proses di kementerian terkait. (infopoljatim.com)

Foto: Kapolres Jember

 

 

Category: Indeks Berita, Polres