Demam Batu Akik Bergulir, Pameran Nusantara Digelar 4 – 17 Agustus di HiTeck Mall Surabaya

1126 views

4 Pamran akikSemerusatu.com: Demam atau boming batu akik tak bisa dibendung lagi. Mulai pelajar sekolah dasar (SD) sampai orang berusia lanjut ingin memiliki batu akik. Bahkan Presiden Jokowi sempat “kesengsem” atau tertarik dengan batu akik produk alam Indonesia. Untuk itu demam batu akik terus bergulir.

Peluang untuk lebih menyemarakkan perhelatan batu akik, maka sampai sampai di mana mana diselenggarakan pameran berbagai jenis batu akik. Dianataranya, pameran akik bertajuk Nusantara digelar di HiTech Mall, pusat pertokoan elektronik di Jalan Kusuma Bangsa, Surabaya mulai 4 – 17 Agustus 2015.

Tentunya, kesempatan pameran itu tak disia siakan oleh penggemar maupun kolektor batu akik maupun permata dan batu mulia. Peserta atau pedagang di pameran datang dari berbagai penjuru, diantaranya Papua, Kalimantan dan Jawa Timur.

Salah satu penggemar batu akik bernama Abduh alias Bacok dan Hendro asal Surabaya, Jawa Timur, yang mengaku sejak Nopermber 2014 lalu mulai gemar mengumpulkan, baik batu akik, batu mulia maupun permata.

Begitu batu akik lagi booming, kedua lelaki yang juga penghobi memelihara  burung jenis love bird (baca:labet) itu sesega mungkin bergerilya untuk mendatangi pedagang batu akik yang ada di Surabaya. Bahkan siapa saja temannya yang memiliki batu akik maupun permata tak segan segan untuk membelinya, jila batu itu dinilai bagus.

Pagi, siang dan tengah malam transaksi batu akik tak ada henti hentinya. Wajar, lagi demam batu akik. Bahkan mereka sempat berkomentar, kini zaman batu. Di mana mana, apakah itu di warung, di restoran sampai tukang becak membicarakan tentang batu akik.

Sementara Pusat perdagangan batu akik di Gems Center Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur kini lebih dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Bahkan di Luar Negeri juga banyak yang mengetahui bahwa di Jakarta Timur ini ada pusat penjualan batu akik terbesar se- ASEAN.

Kini, ada penjualan batu akik yang letaknya di lantai I. Ini akan jadi saingan penjualan batu akik yang ada di GEMS Center, di Grand Cakung.

“Kami ingin penjualan batu akik terbesar se ASEAN ini jadi salah satu Icon Jakarta Timur. Banyaknya penjualan batu akik, maka Jakarta Timur semakin dikenal di seluruh dunia,” kata Walikota Jakarta Timur, Drs. H.R. Krisdianto, MSi didampingi Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur, Dra Tuti Kurniati MSi saat membuka Pameran Gemstone Terbesar di Grand Cakung Gems, Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Kamis (1/5/2014). seperti yang dikutip Lensaindonesia.com,

Krisdianto, berharap, pusat penjualan batu aki ini kedepan akan jadi destinasi pariwisata yang akan meningkatkan perekonomian Jakarta Timur dan menyejahterakan masyarakat serta membuat lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

“Minat masyarakat akan batu aki sangat besar sekali. Perlu pembangunan infrastruktur untuk menampung para penjual batu akik,” katanya.

Walikota janji akan membuatkan tempat yang nyaman dan besar untuk para penjual dan peminat batu akik. “Tetapi kalau bisa para pembeli dan pedagang tidak ada yang merokok. Karena ruangan ber AC. Jika ingin merokok sebaiknya ada ruangan khusus,” kata Walikota.

Bulan Mei ini, APEKSI ikut pameran di Dumai. Jakarta Timur ingin mempromosikan batu akik ini dengan membuka stand khusus pada pameran APEKSI di Dumai. “Disana akan berkumpul seluruh pusat Pemerintahan seluruh Indonesia. Itulah kesempatan untuk Jakarta Timur mempromosikan batu akik,” tambah Krisdianto.

Ketua Panitia Pameran GEMS Center, Agus mengatakan, peserta pameran batu akik yang ikut pameran ada 80 peserta dari seluruh Indonesia. Terdiri Aceh, Palembang, Pekanbaru, Lampung, Makasar, Jakarta, dan Raja Ampat.

“Kami ada sepuluh ribu koleksi batu akik yang dipamerkan di Grand Cakung ini. Akan ada lelang batu mulia setiap hari,” kata Agus. Pameran ini berlangsung dari tanggal 1 sampai 4 Mei.

Sementara itu, Manajemen Grand Cakung Alex mengatakan, sangat bangga dengan adanya pameran batu akik di Grand Cakung ini, masyarakat banyak yang datang ke Grand Cakung.

“Penjualan batu akik di Grand Cakung ini akan membantu masyarakat yang hobi dengan batu aki, jika merasa jauh ke Gems Center Jatinegara masyarakat bisa datang ke Grand Cakung untuk mencari batu akik,” jelasnya.  (eru)

Foto: Pameran batu akik di Hitec Mall Surabaya

 

Category: Indeks Berita, Jatim