Mengamankan Keamanan, Polisi Gandeng Masyarakat

280 views

5 Kapolda Metro Tito KarnavianSemerusatu.com (Jakarta): Dalam rangka mengemban tugas sebagai pelindung dan pengayom serta melayani masyarakat, Kepolisian Republik Indonesia tidak bisa bekerja sedirian, sehingga dibutuhkan peran instansi pendukung serta masyarakat di dalamnya untuk menjaga stabilitas kemanan.

Kepala Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, polisi tidak bisa bekerja sendiri dalam rangka mengamankan keamanan karena banyak akar masalah berasal dari masayarakat itu sendiri.

” Banyak akar masalah berasal dari masyarakat sendiri. kemudian anggota polri terbatas, di dalam pasal 3, UU No. 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Republik Indonesia, Polri pengembang fungsi kepolisian secara umum dibantu oleh Polsus, PPNS di instansi lembaga, Pam swakarsa pengamanan yang diprakarsai masyarakat sendiri seperti siskamling di kampung,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian di Markas kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya, Rabu (5/8/2015)

Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya melakukan kerjasama dengan Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan mencari peluang apa saja badan yang perlu ditingkatkan kerja samanya.

” Misalnya pembinaan. Kita memberikan pelatihan kepada satpam supaya kemampuan mereka sama dan tingkat profesionalisme sama. Ada standarisasi pengamanan. Ada satpam di gedung yang memahami tugasnya dan ada yang kurang memahami. Kantor, industri pabrik yang satpamnya tidak mengerti apapapun, bekerja serabutan. Bahkan melampaui tugasnya seperti pemukulan ke masyarakat sehingga dibutuhkan kerjasama sama dan koordinasi,” lanjut Tito Karnavian seperti dilansir dari laman tribratanews.com. (eru)

Foto: Kapolda Metro Jaya

 

Category: Indeks Berita, Polda