Polres Jember Selenggarakan Pelatihan Olah TKP

704 views

5 Jember 1Semerusatu.com (Jember): Polres Jember selenggarakan pelatihan tentang penanganan olah tempat kejadian perkara (TKP). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Rupatama Mapolres ini dipimpin Waka Polres Jember, Suryo Hapsoro, SH SIK MSi, Rabu (5/8/2015).

Tujuan diadakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan personil Polres Jember dalam hal penanganan pertama tempat kejadian perkara(TKP) serta dapat melatih ketanggapan personil di lapangan dalam menangani setiap kejadian-kejadian kriminalitas.

Waka Polres mengatakan, pelatihan tersebut selain untuk meningkatkan kemampuan skill personil di lapangan, juga dilakukan dalam rangka persiapan pesta Demokrasi Pilkada serentak tahun 2015 di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Hal itu dianggap penting dalam pengamanan Pilkada tahun 2015 ini perlu adanya kemampuan lebih dari setiap personil dilapangan utamanya dalam hal penanganan TKP, sehingga pesta rakyat Jember yang akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2015 berjalan lancar, aman terkendali.

Acara yang dihadiri oleh para Kanit Reskrim, Kanit Intelkam, serta Kanit Sabhara tersebut berlangsung dengan pemberi materi Kanit Pidana Umum (Pidum) Sat Reskrim Polres Jember Ipda Ainur Rofiq.

Disampaikan dalam paparannya, bahwa dalam setiap kasus kriminalitas yang sedang terjadi harus melakukan olah TKP, karena dengan demikian dapat mengumpulkan berbagai barang bukti untuk bisa mengungkap tindak kriminalitas yang sedang terjadi.

Pada kesempatan itu, Ainur Rofiq menyampaikan, selain untuk memperoleh barang bukti olah TKP juga dapat dikatakan sebagai salah satu tahap kepolisian dalam penyelidikan, serta dapat berguna dalam persiapan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember.

Acara yang berlangsung kurang lebih 3 jam tersebut dilanjutkan dengan melakukan rekayasa olah TKP dengan dipimpin langsung oleh penyampai materi Ipda Ainur Rofiq. (eru)

 

Category: Indeks Berita, Polres