Gus Mus Mundur Sebagai Rais Aam PBNU

294 views

3 Gus MusSemerusatu.com (Jombang) :  Meski sudah resmi sebagai Rais Aam PBNU periode 2015 – 2020 oleh sembilan kiai AHWA (Alhlul Halli Wal Aqdi), KH Mustofa Bisri atau Gus Mus menyatakan mundur. Pengunduran diri Gus Mus itu ditulis dalam sepucuk surat berhuruf pegon atau huruf arab gundul.

Surat pengunduran diri Gus Mus itu juga sempat dibacakan di depan sidang pleno. Karena Gus Mus mundur, akhirnya Kiai Ma’ruf Amin yang awalnya ditunjuk sebagai Wakil Rois Aam otomatis ditetapkan sebagai pengganti Gus Mus. 

Inilah teks latin surat pengunduruan diri Gus Mus:
Bismillahirrohmanirrohim
Hadrotil afadlil sadati almasyayikh ahlul halli wal’aqdi
al’aizzak- hafidhokumullah

Assalamu ‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh
waba’d: Seperti kita ketahui muktamar sekarang ini diwarnai oleh sedikit kisruh yang bersumber dari adanya dua kelompok yang masing2 menginginkan jagonya lah yang menjadi rois ‘am.

Satu berusaha mempengaruhi muktamirin untuk memilih A, satunya lagi B dan sistim “Ahlul Halli Wal’Aqdi” pun dianggap sebagai alat oleh salah satu kelompok tersebut.

Oleh karena itu, demi kemaslahatan jam’iyyah dan sekaligus mengayomi kedua belah pihak yang bersaing tersebut, sebaiknya ahlul halli wal’aqdi tidak memilih dua nama yang dijagokan kedua belah pihak tersebut (A maupun B).

Jabatan rois ‘am biarlah diserahkan kepada salah satu dari ahlul halli wal’aqdi yang paling mendekati kriteria (Afqohumum waakbaruhum…)

Sedangkan untuk ketua umum tanfidziyah biarlah rois ‘am terpilih merestui semua calon agar muktamirin bisa bergembira memilih pilihan sendiri2.

Terima kasih dan mohon maaf.  (eru)

Category: Headline, Indeks Berita, Indonesia