Kapolri: Butuh Kerjasama Berantas Kejahatan Transnasional

369 views

??????????????Semerusatu.com:  Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Badrodin Haiti menjelaskan pertemuan Kepala Kepolisian Negara Asean melahirkan kesepakatan kerjasama antar negara terkait kejahatan transnasional.

” Yang jelas banyak hal penting,” kata Jenderal Badrodin Haiti usai menutup penandatanganan Nota Kesepahaman pimpinan Kepolisian Asean di Ruang Rupatama, lantai 3, Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (6/8/215).

Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengaku, banyak hal yang disebutnya itu antara lain kerjasama terkait illicit drug, terorisme, cyber crime, human trafficking, arm smuggling, wildlife crime,maritime fraud dan credit card fraud.

” Karena semua itu tidak bisa diatasi oleh satu negara saja, harus ada kerjasama yang baik antar negara,” tegas Jenderal Badrodin Haiti didampingi Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Anton Charliyan seperti dilansir dari laman tribratanews.com

Sebelumnya Kapolri memimpin langsung jalannya nota kesepahaman joint communique hasil dari persidangan antar komisi maupun working group Konferensi Aseanapol.

Adapun isi dari nota kesepahaman itu diantaranya adalah menetapkan kepanjangan Aseanapol menjadi Asean National Police mengingat Konferensi Aseanapol di Jakarta menjadikan Turki sebagai mitra wicara Aseanapol.

Selain itu Konferensi Aseanapol Jakarta juga memutuskan negara Malaysia sebagai tuan ruamah dalam penyelenggaraan konferensi Aseanapol ke-36 tahun 2016.

Di bagian penutup, masih dalam lembaran kertas berwarna emas nota kesepahaman itu tertulis kegiatan Konferensi bernama Association of Chiefs of Police atau Aseanapol tersebut dinyatakan berjalan dengan sukses.

” Kini kertas emas itu meninggalkan jejak harapan akan sebuah kerjasama yang baik antar negara dengan menulis ‘semoga kita dapat melaksanakan dengan baik kesepakatan-kesepakatan yang telah disetujui oleh seluruh peserta konferensi’.” (eru)
 

Category: Headline, Indeks Berita, Mabes Polri