Terkait Pilkada 2015, Polres Jember Kumpulkan Babinkamtibmas

902 views

6 Kumpulkan Binmas JemberSemerusatu.com (Jember): Pergelaran  pesta demokrasi Pilkada Jember 2015 yang semakin dekat, Polres Jember terus mengambil langkah  untuk menjaga stabilitas Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Selain telah melakukan koordinasi dengan komponen terkait, baik TNI, Pemkab,  dan Panwaslu maupun unsur-unsur terkait lainnya, Polres Jember juga mengumpulkan seluruh Kanit Binmas dan petugas Babinkamtibmas yang berjumlah 248 personil untuk pembekalan yang diadakan di Aula Bharadaksa, Jl. PB. Sudirman Jember, Kamis (6/8/2015).

Kegiatan itu juga Turut hadir pula Wakapolres Jember Kompol Suryo Hapsoro, SH, SIK, M.Si, Divisi Hukum KPU Kabupaten Jember M. Syaiin, SH, Komisioner Panwas Kabupaten Jember Abdullah Waid,Perwakilan Bakesbangpol Jember Drs. Slamet W,  Danramil Patrang Kapten Slamet Efendi(mewakili Dandim 0824/Jember), dan para Kabag, serta Kasatfung Polres Jember.

Tujuan diadakan pembekalan ini  sebagai bentuk kesiapan Polri menyikapi perkembangan dan dinamika politik menjelang pelaksanaan Pilkada Jember 2015.

Kapolres Jember mengingatkan kepada para Kanit Binmas dan Bhabinkamtib sebagai pengemban fungsi early detection dan  early  warning untuk aktif menyerap setiap informasi serta dapat merespon setiap potensi kerawanan yang berkembang di wilayah desanya  dan segera melaporkan ke para Kapolsek masing-masing atau langsung kepada Kapolres Jember, sehingga upaya-upaya pencegahan secepatnya dapat dilakukan.

Pernyataan Kapolres Jember itu, mengingat Kapolres telah berjanji kepada Bupati, Dandim, dan Ketua DPRD, serta tokoh-tokoh terkemu kabupan Jember bahwa Polres Jember siap memberikan  jaminan kemanan, baik pra, pada saat maupun pasca pelaksanaan pilkada Jember 2015.

Secara tegas Kapolres memerintahkan agar mulai saat ini hingga sampai dengan berakhirnya Pilkada Jember 2015, seluruh Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas aktif  berada di desa, memantau setiap perkembangan situasi yang terjadi di desa binaannya masing-masing.

Hal itu karena peran penting para petugas Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil bupati Jember tahun 2015 dengan menggandeng tiga pilar (Kepala Desa/Lurah, Babinsa) serta para tokoh agama dan masyarakat.

Pembekalan kepada para Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas sebagai respon Polres Jember menyikapi dinamika situasi Kabupaten Jember menjelang Pilkada Jember 2015, agar peran para Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas sebagai ealy detection dan early warning mampu meningkatkan deteksi dini/cegah dini terhadap setiap potensi kerawanan yang terjadi dengan menggandeng tiga.

Usai Kapolres memberikan arahan, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber dari Danramil Patrang, Komisioner KPU Kabupaten Jember, dan perwakilan dari Bakesbangpol Kabupaten Jember.

Danramil yang mewakili Dandim 0824 Jember memberikan materi “Pelibatan TNI dalam rangka perkuatan personil dalam pengamanan Pilkada tahun 2015″.

Sementara Komisioner Panwas Kabupaten Jember Abdullah Waid menyampaikan materi”peranan Panwaslih dalam pengawasan Pemilukada”. Terakhir materi dengan judul “peranan birokrasi /Pemkab Jember dalam Pemilihan Bupati dan Wakil bupati Jember th 2015″ yang disampaikan oleh Perwakilan Bakesbangpol Drs. Slamet W. (eru)

 foto: Kapolres Jember saat diwawancari wartawan

Category: Indeks Berita, Polres