Tradisi Tahunan, Jember GelarTajemtra 2015

350 views

6 Rakor JemberSemerusatu.com (Jember): Nuansa Bulan Berkunjung Jember (BBM) tahun 2015 sudah mulai nampak. Beragam bentuk kearifan lokal  yang akan dihelat  pun sudah siap digelar.    JFC (Jember Fashion Carnival) dan gerak jalan tradisonal Tanggul-Jember (Tajemtra) adalah dua kegiatan yang akan mewarnai dan siap menghibur masyarakat Jember, Jawa Timur. Terutama  kemeriahan JFC yang setiap tahun rutin diadakan,  telah menjadi icon destinasi yang sudah pasti akan mengundang ribuan  wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sedangkan waktu pelaksanaan dari kedua kegiatan akbar tersebut,  sudah sangat dekat. Kesiapan Polres Jember untuk melakukan langkah pengamanan guna mengantisipasi potensi kerawanan yang akan timbul.

Terkait hal itu, Kapolres Jember AKBP M. Sabilul Alif, SH, SIK melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) di Rupatama Polres Jember, Kamis (6/8/2015). Komponen terkait yang hadir terdiri atas panitia JFC dan panitia Tajemtra, termasuk unsur-unsur terkait lainnya  dari Pemkab Jember, Kodim Jember, dan Koni Jember.

Sebagai tuan rumah yang menginisiasi terlaksananya Rakor ini, Kapolres Jember mengawalinya dengan sambutan yang sekaligus membuka acara Rakor sebelum dilanjutkan pembahasan teknis  pengamanan baik terhadap Tajemtra maupun JFC.

Kapolres menyampaikan, bahwa Polres Jember akan mengerahkan  kekuatan maksimal  untuk melaksanakan pengamanan secara terbuka maupun tertutup. Akses jalan masuk menuju ke alun-laun maupun rute yang dilewati peserta JFC dan peserta Tajemtra akan dijaga secara maksimal guna memberikan kenyamanan demi kelancaran pergelaran JFC maupun Tajemtra.

Sementara Yanto mewakili  Panitia  JFC dan Tajemtra  meminta  kepada Polres Jember dan jajarannya agar jaminan keamanan benar-benar dimaksimalkan, sehingga pergelaran Tajemtra termasuk JFC nantinya dapat berjalan sesuai harapan.

Terutama pada saat pagelaran JFC agar penonton yang tidak membeli karcis dijaga maksimal, sehingga tidak leluasa masuk ke area atau kawasan digelarnya pertunjukkan JFC. Jika dibiarkan  akan mengganggu kenyamanan para penonton yang telah bersusah payah membeli  karcis jauh-jauh hari sebelumnya.

Menanggapi hal ini, Kapolres Jember menjelaskan,  bahwa Polres Jember melalui Kabagops Polres Jember telah menyusun rencana pengamanan (Renpam) baik Renpam untuk JFC maupun renpam untuk Tajemtra. Di dalam renpam tersebut  telah diatur SOP pengamanan dengan penempatan  personil sesuai dengan tugas pokoknya. (eru)

Foto: Kapolres Jember rapat koordinasi

 

Category: Indeks Berita, Polres