Diperpanjang Pendaftaran Pasangan Calon Walikota/ Bupati di Pilkada 2015

305 views

3  Pilkada-SerentakSemeruSatu.com (Surabaya): KPU  RI telah mengeluarkan surat nomor 449/KPU/VIII/2015 berdasarkan surat Bawaslu RI perihal rekomendasi memperpanjang atau membuka kembali pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota di 7 daerah ini termasuk Kota Surabaya.

Sementara KPU Kota Surabaya mengeluarkan pengumuman nomor 127/KPU Kota 014.329945/VIII/2015 tertanggal 6 Agustus, yang intinya memberi perpanjangan pada 9-11 Agustus kepada parpol atau gabungan parpol untuk mendaftarkan calonnya.

“Surat KPU dan Pengumuman KPU Kota Surabaya itu secara formal konstutional ternyatakan tidak memiliki dasar hukum yang cukup. Demikian pula sebagaimana kewenangan yang diberikan UU 15/2011 kepada Lembaga Bawaslu RI adalah ranah pengawasan pelaksanaan, bukan pada penyusunan jadwal dan tahapan pelaksanaan pemilu,” kata Sekretaris Umum Komisi Hukum dan Pemerintahan Dewan Warga Surabaya, Wawan Hendriyanto kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (8/8/2015).

Wawan mengaku prihatin atas anarkisme hukum penyelenggara pemilihan umum yang menjadi simalakama Pilkada Indonesia di Surabaya. “Keprihatinan kami sampaikan secara terbuka kepada seluruh warga Kota Surabaya, agar menjadi pertimbangan kepada semua pihak. Bahwa, Indonesia adalah negara hukum, bukan negara kekuasaan, bukan pula negara golongan atau negara uang. Sistemnya secara nasional harus dibenahi. Kami tidak ingin menyalahkan siapa-siapa, pemerintah harus paham ini,” lanjut Wawan.

Berdasarkan UU 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, surat KPU itu secara formal tidak terkualifikasi sebagai peraturan atau keputusan dan/atau penetapan yang bersifat mengatur (regelling) mengikat keluar, sebagaimana kedudukan Peraturan KPU atau Keputusan KPU dalam hierarkis peraturan perundang-undangan nasional.  (eru)

Category: Headline, Indeks Berita, Jatim