Polsek Mulyorejo Bekuk Pengedar Dollar Palsu

691 views

22 BorgolSemerusatu.com (Surabaya): Anggota Unit Reskrim Polsek Mulyorejo – Polrestabes Surabaya tangkap Boyang Prima Hasmat (50) warga Hasanudin No 1 Desa Pejala, Kecamatan Kusan Hilir Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimatan Selatan. Pelaku tertangkap di pakiran Bank BCA, Jalan Dharmahusada, Surabaya, Senin (10/8/2015).

Tertangkapnya pelaku karena pelaku  membawa 93 lembar uang pecahan 100 dollar yang diduga palsu. Kini pelaku diamankan di Mapolsek untuk proses penyidikan.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengakui uang dollar itu palsu dan saat berada di lokasi pakiran bank tersebut, karena akan menjual uang dollar palsu ke seorang pembeli.

“Bayong ini diperintahkan sama seseorang untuk jual uang dollar palsu,  sebelum  pelaku melakukan transaksi anggota langsung mengamankan bersama barang buktinya,” kata Kanit Reskrim Polsek Mulyorejo AKP Nanang Efendi.

Keberhasil itu berkat  informasi masyarakat. Pelaku juga mengakui kalau uang palsu itu diperoleh dari Jakarta. Awal mengedarkan dollar upal itu, pelaku mendapatkan uang transportasi sebesar Rp 1 juta. Padahal jika 93 lembar dollar itu berhasil terjual dengan harga Rp 40 juta, maka Bayong akan mendapatkan komisi lagi.

“Kalau semuanya bisa terjual, saya akan mendapatkan upah Rp 20 juta,” kata pelaku dihadapan penyidik. Pelaku dijerat pasal 245 KHUP dengan ancaman hukuman diatas 7 tahun penjara. (eru)
foto: Ilustrasi

Category: Headline, Indeks Berita, Polres