BNNP Jatim Tangkap Jaringan Narkoba Libatkan 24 Pelaku

421 views

13 BNNP TangkapSemerusatu.com (Surabaya): Penyidik Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur berhasil membongkar jaringan peredaran narkoba yang dikendalikan dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Tak tanggung-tanggung, petugas berhasil meringkus 24 orang tersangka, mulai pengguna, pengedar, hingga bandarnya.

Para tersangka sebanyak itu ditangkapi satu persatu selama seminggu. “Mereka diamankan dari berbagai daerah di Jawa Timur. termasuk dari Surabaya, Madura, Pasuruan dan Lumajang,” kata AKBP Bagijo Hadi Kurnijanto, Kabid Penindakan dan Pemberantasan BNNPJawa Timur seperti dilansir dari laman surya.co.id, Rabu (12/8/2015).

Dijelaskan, dari 24 orang yang diamankan tersebut, lima diantaranya adalah perempuan. “Dan ada diantara mereka adalah pelaku yang mengendalikan peredaran narkoba dari Lapas Porong, Lapas Sidoarjo dan Rutan Medaeng,” lanjutnya.

Yang cukup mengejutkan, narkoba yang diedarkan oleh sindikat ini berasal dari jaringan narkoba antarnegara. Sabu yang diedarkan oleh para pelaku ini terdeteksi berasal dari Nigeria dan Malaysia. Pengirimannya ke Indonesia menggunakan jalur transportasi laut. Narkoba yang diselundupkan lewat kapal, lebih sulit untuk terdeteksi.

Dikatakan, pengungkapan jaringan peredaran narkoba di Lapas ini bermula dari penangkapan terhadap pasangan suami istri berinisial AR dan TI di kawasan Surabaya Selatan. Mereka melakukan pengiriman narkoba yang disembunyikan dalam kardus sepatu.

“Mendapat laporan itu, petugas langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya, petugas menangkap AR dan TI yang sedang membawa paketan kardus sepatu berisi sabu-sabu sebanyak 4 ons dan 200 butil pil ekstasi. Mereka ditangkap saat baru keluar dari tempat kosnya,” ujar Bagijo. (eru)

Foto: AKBP Bagijo Hadi Kurnijanto saat menunjukkan barang bukti

 

Category: Indeks Berita, Narkoba