Polda Jatim Bekuk Penipu Via HP dan SMS

424 views

13 P{enipuan lewat HpSemerusatu.com (Surabaya):  Anggota  Subbid II Perbankan, Ditreskrimsus Polda Jatim bongkar penipuan via HP dan SMS yang dilakukan oleh tersangka berisinial SI ini mengaku anggota Partai Demokrat.

Modus operandi  yang dilakukan teersangka dengan cara memberikan proyek kelompok masyarakat (Pokmas). Sedang korbannya bernama  Toyu yang mengingingkan Pokmasnya berkembang. Dengan gaya yang menyakinkan, akhirnya pelaku berhasil memperdayai korbannya, Toyu.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes RP Argo Yuwono,  Kamis (13/8/20150  mengatakan , pelaku beraksi melakukan penipuan dengan menawarkan dana proyek Pokmas kepada korban.

Pelaku yang melihat korbannya sudah sangat yakin, akhirnya menawarkan pembuatan proposal agar nanti bantuan tersebut bisa keluar. Dengan syarat pembuatan per proposalnya dihargai Rp.500 ribu.

Agar segera bantuan cair maka proposal yang diperlukan sebanyak 300. Dan korban menyetujui pembuatan proposal tersebut dan tidak lama pelaku mengirim SMS tentang nomor rekening, data Desa dan biaya awal untuk administrasi sebesar Rp 1,5 juta.

Dengan terpenuhinya kiriman pertama, maka pelaku meminta uang lagi hingga akhirnya mencapai Rp 111 juta sudah dikirim melalui empat rekening yang berbeda.

Hingga akhirnya korban menyadari hal tersebut, dan pelaku tidak pernah bisa dihubungi, akhirnya dilaporkan ke Polda Jatim. Sementara korban setelah mengeluarkan dana cukup banyak, dan tidak pernah termujud, akhirnya kasus itu dilaporkan ke Polda Jatim.

Dalam penyidikan dan penyelidikan terhadap pelaku maka dapat disita 1 buah HP dengan no. HP 085941137510 dan 082337866091. 1 mobil merk Sereon warna ungu nopol. DR-1546-dc seharga Rp 77 juta, STNK, 2 biji perhiasan emas gelang senilai Rp. 9.870 juta, 1 buku rek mandiri an. Iskandar, ATM bank Mandiri. 1 buku rek mandiri an. Acmad Noercholis Wijaya, 1 ATM bank Mandiri. 1 buah buku rek BCA an. M. Romli Setyawan.

Karena perbuatannya pelaku dikenakan UU RI no. 11/2008 tentang informasi dan transaksi elektronik pasal 28 (1), dan pasal 45 ayat 2 UU RI. (eru)

Foto: barang bukti yang disita penyidik

 

Category: Indeks Berita, Polda