Polres Sumenep Sita 1.333 Liter BBM Bersubsidi

241 views

14 BBM ilegal diangkutSemerusatu.com (Sumenep): Anggota Polres Sumenep menyita 41 jirigen BBM bersubsidi jenis solar dan premium, yang diangkut Hartono (27) warga Dusun Timur, Desa Lapa Taman, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Untuk mengangkut BBM itu, pelaku menggunakan kendaraan pick up.

Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Hasanudin menjelaskan, saat anggota patroli di Jalan raya Manding, Desa Manding Laok, Kecamatan Manding, berpapasan dengan mobil Pick up warna kuning, nopol  D 8532 AS yang dikemudikan Hartono. Pick up itu mengangkut 41 jirigen berisi BBM bersubsidi jenis solar dan premium.

“Waktu ditanyakan dokumen pengangkutannya, ternyata tidak bisa menunjukkan. Padahal kalau membeli BBM bersubsidi dalam jumlah besar itu harus ada dokumen resmi ijinnya,” katanya, Jumat  (14/08/15) di laman beritajatim.com.

41 Jerigen BBM yang diangkut pick up tersebut terdiri dari 20 jirigen solar, dan 21 jirigen premium. Totalnya sebanyak 1.333 liter.

“Menurut pengakuan Hartono, ia membeli BBM itu dari SPBU Manding, dan akan dijual ke daerah Lapa Taman, Dungkek,” terang Hasanudin.

Akibat perbuatannya, Hartono ditetapkan sebagai tersangka, dan dijerat pasal 55 Subsider 53 huruf b dan d, UU nomor 22 tahun 2001 tentang migas. “Ancaman hukumannya maksimal 6 tahun penjara,” pungkasnya. (eru)

Foto: barang bukti pick up yang dipergunakan untuk mengangkut BBM ilegal diamankan

Category: Headline, Polres