Agustusan, Kapolres Jember Pimpin Renungan Suci di TMP Patrang

379 views

16 KapolresSemerusatu.com (Jember): Upacara renungan suci di Taman Makam Pahlawan Patrang, Jember berlangsung Senin (17/8/2015) pukul 24.00 WIB. Kapolres Jember AKBP M. Sabilul Alif, SH, SIK bertindak sebagai inspektur upacara dan AKP Suhartanto, SH, MH sebagai komandan upacara.

Sementara upacara renungan suci diikuti oleh seluruh Muspida Kabupaten Jember, beberapa perwira Polres Jember yang terdiri dari Wakapolres Kompol Suryo Hapsoro, para Kabag, Kasatfung, Kapolsek jajaran, beberapa perwira dari TNI, Pengurus Bhayangkari Cabang Jember, beberapa pegawai negeri sipil serta pasukan saka Bhayangkara yang pada saat itu turut hadir guna mengikuti upacara renungan suci. Sedang pasukan upacara renungan suci terdiri dari 1 SST Satlantas, 2 SST TNI dan 1 SST Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Upacara yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan negara Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 agustus. Selain itu renungan suci juga dilaksanakan untuk mengenang beberapa pahlawan yang telah gugur dalam membela kehormatan bangsa Indonesia.

Suasana tampak sunyi ketika Kapolres membacakan amanat upacara pada renungan suci tersebut. namun sebelum dibacakannya amanat oleh Kapolres, sebelumnya telah dilakukan penyalaan obor serta lampu-lampu dipadamkan. Sekejap sesaat lampu padam dan obor telah menyala, sejarah perjuangan pahlawan Indonesia saat melawan penjajah Belanda di waktu dulu pun seolah kembali menyapa ingatan.

Tepat arah jarum jam menunjukkan pukul 00.30 WIB, Kapolres beserta peserta upacara akhirnya meninggalkan TMP, dan akan dilanjutkan keesokan harinya dengan ziarah di TMP kecamatan patrang serta upacara bendera dalam rangka memperingati proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 di alun-alun Kabupaten Jember. (hpj/eru)

Foto: Renungan suci dipimpin Kapolres Jember

 

Category: Indeks Berita, Polres