Peringati Agustusan di Bantaran Kalimas Monumen Kapal Selam Surabaya

933 views

17 Rayakan Agustusan di sungai MonkaselSemerusatu.com (surabaya): Komunitas Peduli Lingkungan (KPL) Se-Gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan) Jawa Timur menggelar upacara air saat 17 Agustus, di bantaran Kalimas Surabaya tepatnya bersebelahan Monumen Kapal Selam (Monkasel), Senin (17/8/2015).

Ahmad Giri  selaku Ketua Pelaksana Upacara Air mengatakan, setiap pelaksanaan upacara bersama kawan-kawan selalu mengundang berbagai komunitas peduli lingkungan yang ada di Gerbang Kertasusila, khususnya Surabaya.

“Upacara ini, selain memperingati HUT RI ke-70, diharapkan juga mampu menyadarkan warga sekitar akan pentingnya menjaga kebersihan sungai,” katanya di laman beritajatim.com.

Dikatakan, mungkin semua akan bertanya kenapa memilih lokasinya upacara di sungai. Ia menyampaikan, sungai merupakan simbol bagi kebersihan disetiap arteri kehidupan bagi masyarakat kota besar.

“Menjaga kebersihan sungai khususnya dan lingkungan pada umumnya, itu harus menjadi gaya hidup masyarakat Surabaya. Apabila sungai bersih akan memiliki banyak fungsi bagi masyarakat sekitar, termasuk bisa menjadi wisata dan tempat upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI di tahun-tahun mendatang,” lanjutnya.

Selanjutnya, betapa kondisi sungai di Surabaya sangat parah. Banyak sampah yang dibuang di sungai. Ketidak-pedulian masyarakat Surabaya terhadap kebersihan sungai, menurut Giri, adalah faktor terbesar yang menyebabkan kondisi sungai semakin memburuk.

Salah satu peserta yang hadir, Ivan Fauzi (17 tahun) pelajar SMK 7 Surabaya, menyampaikan bahwa ia sangat senang dengan kegiatan ini. “Upacaranya berbeda karena diatas perahu dan diatas sungai, jadi upacaranya lebih seru,” antusiasnya.

“Upacara Air sudah digelar ketiga kalinya di lokasi yang sama, pertama tahun 2012, kedua 2013 dan tahun 2015 untuk kali ketiga, insya Allah tahun berikutnya semoga ada lagi dan saya akan hadir kembali,” tandas Ivan.

Untuk diketahui, Upacara Air adalah upacara bendera seperti pada umumnya dilakukan. Yang membedakan hanya lokasi pelaksanaan upacara, yaitu diatas perahu. Upacara didukung oleh Pemkot Surabaya, Kepolisian, Basarnas, BPBD, Ecoton, dinas kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pemuda dan Olahraga dan Jasa tirta. (eru)

Foto: peringati 17 Agustus di bantaran Sungai di sebelah kapal selam

Category: Indeks Berita, Jatim