200 Personil Polres Jember Ikuti Gladi Bersih PAM Pilkada 2015

354 views

19 latihan JemberSemerusatu.com: Rangkaian persiapan tahapan Pilkada digelar Polres Jember, Rabu (19/8/2015) pukul 08.00 WIB. Kemudian dilanjutan latpra Ops Mantap Praja Bedadung 2015, yaitu Gladi untuk persiapan simulasi pengamanan Pilkada Serentak 2015 Kabupaten Jember, Jawa Timur di halaman Polres Jember.

Kegiatan itu diikuti oleh jajaran Polres Jember. Sebelumnya tahapan latpra Ops dilakukan penyampaian materi oleh Kabag dan kasat fungsi yang terlibat dalam operasi tersebut. Selanjutnya dilanjutkan latihan dengan gerakan-gerakan kepolisian dalam pengamanan Pilkada 2015.

Latpra Ops Mantap Praja Bedadung 2015 ini diikuti sekitar 200 personil Polres Jember yang diantaranya melibatkan Dalmas Awal dan Dalmas Kerangka dengan Kabagops Kompol Drs. H. Kusen Hidayat, M.Psi sebagai perwira pengendali.

Sementara Ipda Bejoel Nasution (KBO Satsabhara) bersama Aiptu Edy Kusnoto (Ps. Kanit Dalmas A) ditunjuk sebagai Instruktur. Dalmas Awal sendiri terdiri dari Dalmas Polwan dan Dalmas Staf, sedangkan Dalmas kerangka adalah Dalam Sabhara Polres Jember.

Adapun tahapan-tahapan yang diperagakan dalam gladi bersih penanganan pada saat pengamanan pilkada serentak tersebut, diantaranya Tahap Harkamtibmas dengan melakukan tindakan kepolisian yaitu patroli skala besar, pengamanan kantor KPU dan Patroli di rumah sakit untuk pemeriksaan calon bupati.

Dilanjutkan dengan Tahap ke II yaitu Tahap kampanye, ditahap ini di ibaratkan pasukan Dalmas Polres Jember yang terdiri dari dalmas awal dan dalmas kerangka melaksanakan pengamanan saat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati sedang kampanye, disini petugas kepolisian dituntut untuk dapat melakukan tugasnya sebagai garda terdepan dalam berjalannya pengamanan pilkada tahun 2015 di kabupaten Jember.

Kemudian dalam Tahap ke III yaitu Tahap Masa Tenang, dimana atribut paslon diturunkan oleh satpol PP serta kepolisian melaksanakan cipta kondisi dengan patroli serta memberikan himbauan Kamtibmas.

Pada tahap selanjutnya, yaitu Tahap Pemungutan Suara, pada tahap ini Polri yang ditugaskan mengawal kotak suara Dari PPS ke TPS harus benar-benar melaksanakan tugasnya dengan baik. Dan yang terakhir yaitu dalam rangkaian pelatihan ini ialah Tahap Penghitungan suara yang dilakukan di PPK (tingkat kecamatan) dan dilanjutkan ke kantor KPU.

Sebelum menutup pelatihan tersebut, Kapolres Jember AKBP M. Sabilul Alif, SH, SIK, melalui Kabagops mengucapkan ucapan terima kasih atas pelaksanaan pelatihan ini, agar kedepannya dapat menjalankan pengaman dengan baik. (hpj/eru)

 

Category: Indeks Berita, Polres