Polres Malang Bekuk Polisi Gadungan Tipu Rp 2 Juta

396 views

22 Borgol 1Semerusatu.com (Malang): Mengaku anggota polisi, penipu itu berhasil tertangkap Jajaran Reserse Kriminal Polres Malang. Pelaku bernama Hidayanta Tri Harmansyah (29), warga Jalan Kolonel Sugiono, Kota Malang, Jawa Timur diamankan karena menipu perempuan.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku berpura-pura sebagai anggota Polisi dengan pangkat Brigadir Satu (Briptu). Photo berseragam dinas korps baju cokelat itu, lalu diunggah pelaku ke jejaring sosia facebook.

Modus itu digunakan pelaku untuk memperdaya rekan facebooknya. Pada korban, pelaku meminjam uang Rp 2 juta. Korban yang terpedaya dengan foto berseragam Polisi, lalu janjian ketemu dan menyerahkan uang dua juta rupiah.

“Seragam polisi itu milik kakak ipar saya pak. Saya gunakan untuk iseng saja. Lalu saya pinjam uang pada teman facebook saya Rp.2 juta,” aku Hidayanta, Rabu (19/8/2015) sore saat di periksa penyidik Reskrim Polres Malang.

Diduga, aksi tipu-tipu dengan memakai baju seragam Polisi itu sudah dilakukan pelaku beberapa kali. “Kami masih melakukan penyidikan dan pemeriksaan. Bisa jadi pelaku memang menipu korbannya dengan cara mengaku anggota polisi,” terang Kanit IV Reskrim Polres Malang, Iptu Sutiyo.

Kata Sutiyo, pelaku dijerat dengan Pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. Pada penyidik, Hidayanta mengaku sehari-hari bekerja sebagai makelar di Samsat Kota Malang. “Saya kerja di Samsat pak. Bantu ngurus biro jasa di Samsat bersama kakak,” ujar Hidayanta di laman beritajatim.com.

Saat memakai baju polisi milik kakak iparnya, Hidayanta mengaku tidak minta ijin kakaknya lebih dulu. Ia memakai seragam dan memfoto dirinya. Untuk menyakinkan orang lain, foto berseragam Polisi itu ia pajang di laman facebook milik pelaku. (bj/eru)

Foto: ilustrasi

Category: Indeks Berita, Polres