Polrestabes Surabaya Bekuk Penjahat Jalanan

605 views

19 Begal PolrestabesSemerusatu.com (Surabaya):  Nyali M Solehuddin (33) dan Sahram (25) patut diacungi jempol. Dua begal ini merampas HP di jalanan kota Surabaya yang padat. Tetapi kali ini keduanya salah perhitungan. Mereka tak berkutik ketika dibekuk Tim Murai (Urai Kemacetan) Satlantas Polrestabes Surabaya.

Adalah Solehuddin (33) warga Dukuh Bulak Banteng dan Sahram (25) warga Tanah Merah beraksi di Jalan Pemuda tengah kota Surabaya. Korban adalah Ambarwati Rengganis Prasetyo (20) warga Benowo, Surabaya.

Wakasat Rekrim Polrestabes Surabaya, Kompol Manang Subekti mengatakan, modus dari kedua pelaku memang sengaja mencari sasaran disaat situasi arus lalu lintas padat (macet).

“Saat melihat situasi arus lalu lintas padat dan melihat ada pengendara sedang aksi bermain HP maka dari situ pelaku beraksi,” kata Manang, di laman beritajatim.com, Rabu (19/8/2015).

Awal sebelum penangkapan, kata Manang, pelaku spesialis perampas HP ini sebenarnya berhasil lolos. Mereka menggeber motornya dengan zig-zag hingga membahayakan pengendara lain. Tetapi tanpa disadari, aksi itu justru membuat dua petugas lantas curiga.

Petugas lantas mengejar dan menghentikan keduanya. “Korban saat itu berboncengan. Tapi yang dibonceng asyik memainkan ponsel, maka tidak sadar kalau disampingnya ada pelaku yang sedang mengincarnya,” tutur Briptu Deny Apriyadi, petugas yang berhasil menangkap.

Saat itulah, pelaku yang memepet korban, berusaha menarik ponsel korban. Namun, pelaku tidak berhasil dan berupaya kabur setelah diteriaki maling.

Sayang, saat kabur dengan gaya kemudi zig-zag, menjadi kecurigaan polisi. Polisi pun berupaya melakukan pengejaran. Pada waktu dikejar polisi, pelaku makin panik dan melaju kencang. Apesnya, kondisi lalu lintas sedang macet hingga membuat pelaku yang zig-zag menjadi terjatuh.

“Saat terjatuh itu, mereka sudah tidak bisa lari dan langsung kita amankan.” pungkasnya.Waktu diamankan, mereka terlihat panik. Apalagi pada saat korban datang, dua pemuda ini tidak bisa berkutik. Atas perbuatannya, polisi menjerat dengan pasal 365 KUHP atas kasus percobaan pencurian serta kekerasan. (bj/eru)

Foto: tersnagka dan barang bukti

Category: Indeks Berita, Polres