Baku Tembak di Poso Tewaskan Polisi dan Warga Sipil Kelompok Teroris

1255 views

20 OKSemerusatu.com: Aksi baku tembak antara kelompok sipil bersenjata dengan polisi di Poso, Sulawesi Tengah, Kamis (20/8/2015) menewaskan anggota sipil bersenjata yang diduga anggota kelompok teroris pimpinan Santoso tewas. Warga sipil tersebut diduga bernama Bado, dan jenazahnya sudah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palu untuk diautopsi.
Sedang satu lagi korban yang tewas baku tembak adalah perwira polisi dari Brigade Mobil (Brimob). Perwira terbaik korps Bhayangkara tersebut bernama Inspektur Satu Brian Tatontos. Bendera setengah tiang tampak berkibar di Markas Kompi Brimob Kota Poso
Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigadir Jenderal Polisi Idham Aziz mengatakan, polisi akan mencocokkan DNA korban dengan DNA keluarganya untuk memastikan identitas korban.
Idham Asis menagaskan, selain menembak seorang terduga teroris, polisi juga mengobrak-abrik tempat persembunyian kelompok Santoso dan menyita beberapa senjata api termasuk senjata anti tank jenis M60 dan ratusan bom aktif.
Aksi baku tembak antara kelompok sipil bersenjata dengan polisi berlangsung sejak 17 Agustus hingga Kamis (20/8/2015).
Ada sosok Santoso alias Abu Wardah dalam baku tembak di Gunung Langka pada Rabu (19/8/2015) siang, namun orang tersebut lolos dari penangkapan.
Dalam baku tembak tersebut sekitar 30 orang anak buah Santoso dilengkapi dengan senjata penghancur tank dan bom.
Sementara kronologi Iptu Brian Theophani Tatontos, SIK, Kausbden Gegana Poso Den B Brigadir Mobil landangan Poso yang gugur setelah kontak tembak dengan teroris di Poso.
Tertembaknya Inspektur Satu Brian Theophani Tatontos, SIK, Kausbden Gegana Poso Den B Brigadir Mobil landangan Poso pada Rabu (19/8/2015), sekiar pukul 14.30 WITA, dua regu dipimpin Inspektur Satu Brian Theophani Tatontos, SIK melakukan evakuasi mayat teroris yang diduga Urwah alias Bado serta barang bukti bom dan senjata api M 60.
Di tengah perjalanan sekitar pukul 16.45 WITA, kelompok teroris menghadang Tim evakuasi. Terjadi kontak tembak sekitar 15 menit saat Tim menyeberang Sungai. Saat itulah, Inspektur Satu Brian Theophani Tatontos, SIK tertembak rusuk kanannya.
Saat ini, Tim evakuasi tambahan sebanyak dua regu telah bertemu dengan Tim Almarhum Inspektur Satu Brian Theophani Tatontos, SIK. (tbnews/eru)
Foto: Almarhum Iptu Brian Theophani Tatontos, SIK (Tbnews.com)

Category: Headline, Indeks Berita, Polda