Jelang Pilkada, Polres Jember Gelar Simulasi Pengamanan

856 views

22 LatihanSemerusatu (Jember):  Polri selaku garda terdepan yang bertanggung jawab atas keamanan dalam negeri sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang, maka Polri juga dituntut kesiapannya untuk dapat memberikan suasana aman dan kondusif selama maupun pasca Pilkada Kabupaten Jember yang akan digelar 9 Desember 2015.

Sehubungan dengan hal itu, maka Polres Jember turut bersiaga  mengantisipasi setiap potensi konflik yang kemungkinan akan timbul dengan menggelar gladi simulasi sistem pengamanan (sispam) kota dalam rangka Ops “Mantap Praja Bedadung 2015” menjelang Pilkada serentak tahun 2015 yang digelar Sabtu (22/8/2015).

Adapun latihan sispam kota diawali dengan AAP (acara arahan pimpinan) oleh Kabag ops Polres Jember yang memberi gambaran tentang latihan ini.

Pada simulasi ini, diasumsikan ratusan pendemo pendukung salah satu pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati melakukan aksi unjuk rasa dalam kota Jember. Namun sebelumnya telah dihadang oleh pasukan pengendali massa (Dalmas) dengan beberapa cara, dimulai dari dalmas kerangka yang terdiri dari gabungan personil Polsek dengan tangan kosong mencoba untuk membendung gerakan aksi unjuk rasa yang mencoba untuk anarkis. Karena kekuatan pasukan dalmas kerangka yang tidak berimbang dengan kekuatan massa sehingga diperlukan kekuatan tambahan dari pasukan dalmas inti.

Kehadiran dalmas inti ini direspon oleh massa pengunjuk rasa yang cenderung mulai bertindak anarkis. Tetapi, lagi-lagi, massa semakin bertindak anarkis yang menimbulkan terjadinya kekacauan atau chaos.

Disinilah pasukan dalmas inti dengan menggunakan peralatan PHH seperti tameng dan tongkat membentuk formasi paruh lembing mencoba untuk membubarkan massa yang mulai anarkis tersebut, barulah situasu benar-benar terkendali dan pasukan Dalmas pun kembali ke Mako Polres untuk melakukan konsolidasi.

Dalam gladi ini turut hadir juga, para Kabag Polres Jember, para Kasat Polres Jember, Para Kapolsek Polres Jember, serta perwira staf Polres Jember.

Kapolres Jember AKBP M. Sabilul Alif, SH, SIK, yang pada saat itu juga turut menyaksikan latihan, mengatakan hal ini hanya gladi simulasi. Sedangkan simulasi resminya akan dilaksanakan pada tanggal 24Agustus 2015 mendatang di lapangan Mangli Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

Hal ini dilakukan untuk kesiapan para petugas saat terjadi ancaman-ancaman dan kondisi gangguan kamtibmas apapun, dalam mengawal pilkada serentak Desember 2015 mendatang.

Kapolres menjelaskan, dalam menghalau massa polri mempunyai beberapa tahapan dalam sispam kota, yakni dimulai dengan tahapan lisan, bila tidak memberi efek maka akan dilakukan dengan tindakan tangan kosong, namun jika menggunakan tangan kosong tidak bisa melumpuhkan pengunjuk rasa. Maka polri akan menggunakan tahap pelumpuhan dengan menggunakan alat seperti tameng dan tongkat.

Selesainya latihan, Kapolres memberikan konsolidasi terhadap kegiatan tersebut, ucapan terima kasih oleh pimpinan tertinggi Polres Jember itu, dan kedepannya kapolres menginginkan kegiatan ini dapat berjalan lebih baik lagi, sehingga pada saat pengamanan pilkada serentak mendatang akan berjalan aman dan lancar. Acara pun selesai pukul 11.00 WIB. (hpj/eru)

Foto: Kapolres Jember (tengah) pinpim simulasi PAM Jelang Pilkada

Category: Indeks Berita, Polres