Polri Gelar Pelatihan Revolusi Mental

1066 views

22 Revolusi Mental PolriSemerusatu.com (Jakarta): Lembaga Pendidikan Polri menggelar pelatihan TOT Revolusi Mental di tingkat rayonisasi di 5 (lima) rayon/wilayah. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada Kamis, (20/8/ 2015) di Balai Sespimma Lemdikpol, dan dibuka oleh Kalemdikpol Komjen Drs. Syafruddin, M.Si.

Revolusi Mental merupakan program dari Pemerintahan Jokowi untuk membenahi karakter bangsa. Polri telah menyusun program Quick wins dan Renstra Polri tahun 2015-2019, yaitu Polri sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.

Polri meluncurkan kegiatan Pelatihan Revolusi Mental yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Polri sebagai satker yang memiliki tugas pokok, fungsi dan peran yang sangat strategis. Diharapkan pelatihan ini mampu melaksanakan transformasi karakter bangsa melalui gerakan revolusi mental kepada seluruh anggota melalui pendidikan dan pelatihan.

Kegiatan ini dimulai dengan penyamaan persepsi master trainer Revolusi Mental Tingkat Pusat dalam rangka persiapan. Tujuannya adalah menyamakan persepsi para master trainer revolusi mental tingkat pusat yang akan melaksanakan pelatihan TOT Revolusi Mental rayonisasi di 5 (lima) rayon/wilayah.

Kalemdikpol Komjen Drs. Syafruddin, M.Si. mengatakan, terbentuknya trainer Revolusi Mental rayonisasi diharapkan dapat membantu memelihara dan meningkatkan kualitas penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepribadian bangsa pada setiap insan Polri.

“Ini ditujukan untuk mewujudkan kepercayaan kepada masyarakat dan meningkatkan peran Polri sebagai pelopor dan penggerak tertib sosial di ruang publik, serta siap menjadi pelatih revolusi mental di kesatuannya masing-masing,” kata Komjen Drs Syafruddin, M.Si.

Dalam kegiatan ini dilakukan pemantapan materi revolusi mental dan proses tutor kepada para master trainer sehingga siap turun melatih ke rayon-rayon. Saat ini terdapat 46 master trainer Revolusi Mental tingkat pusat yang akan melatih para personel Polri di 5 (lima) rayon/ wilayah.

Kelima rayon atau wilayah tersebut adalah Polda Metro Jaya, Polda Jawa Tengah, Polda Sumatera Utara, Polda Kalimantan Timur, dan Polda Sulawesi Selatan. Pelatihan trainer revolusi mental tingkat rayon pada tahap pertama akan dilaksanakan di rayon Polda Metro Jaya pada bulan September 2015.

Diharapkan pelaksanaan pelatihan ini dapat melatih personel Polri di kesatuan masing-masing sehingga dapat membantu memelihara dan meningkatkan kualitas penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepribadian bangsa pada setiap insan Polri guna meningkatkan peran polri sebagai pelopor dan penggerak tertib sosial di ruang publik. (TBNews/eru)

 

Category: Indeks Berita, Mabes Polri