Sempat Kagum Berlibur di Singapura

485 views

18 AGustus 2015 SIngapura - CopySemerusatu.com (Singapura): Jika mendengar kata atau bahasa Berlibur, tentunya cukup menyenangkan atau menggembirakan bagi siapa saja. Liburan atau berlibur bisa pergi kemana saja, tergantung keinginan.

Ingin berlibur di luar negeri atau dalam negeri. Paling tidak tujuan berlibur antara lain bisa untuk refresing, menyenangka hati maupun perasaan termasuk meluapkan kegembiraan yang bersangkutan.

Salah satu contoh, yang dialami dr Hj Lilik Hartini, warga Kertajaya Surabata, Jawa Timur. Sekitar seminggu (15 – 22/8/2018) wanita dikarunia 2 anak dengan 2 cucu ini milih berlibur di Singapura. Selama di Singapura, yang merupakan kota termahal di dunia, wanita berkerudung itu tidak sendirian, melainkan bersama anak pertama.

Menyenangkan, di sana (Singapura) bisa menyaksikan atraksi diantaranya panorama laser. Pergi ke taman bunga, yang tak lain menjadi kesenangannya. Maklum, sebagai kaum hawa cenderung bunga yang menjadi salah satu kesenangannya.

“ Ya jelas baru kali pertama saya pergi ke Singapura, Ini saja diajak oleh anak saya. Pokoknya berlibur di Singapura cukup menyenangkan dan saya sempat kagum,” kata Lilik sembari tersenyum, Sabtu (22/8/2015) via ponselnya.

Sekedar diketahui, Singapura sering kali menjadi destinasi bisnis nan modern, terutama dengan kemilau bangunan bertingkatnya. Bahkan, bangunan di sana didukung dengan infrastruktur yang canggih.

Namun, jika digali kembali masih banyak hal lainnya, yang bisa dipamerkan negara tersebut. Bahkan, muncul julukan “Negeri Seribu Satu Larangan” karena banyaknya larangan yang dilakukan pemerintah di sana.

Seperti dilansir dari laman CNBC, Sabtu (7/8/2015), berikut 10 hal yang membuat Singapura menjadi negara yang unik.

  1. Paman taksi (taxi uncles)

Ketika berada di Singapura, Anda akan menemukan banyak warganya yang memanggil “paman” kepada supir taksi tidak peduli berapapun usia mereka. Tidak seperti di wilayah Barat, istilah ini hanya berlaku hanya untuk kerabat atau teman keluarga dekat.

  1. Bahasanya beragam

Bahasa Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil mungkin empat bahasa resmi bagi negara ini. Namun, Singlish adalah salah satu yang paling sering terdengar di jalan-jalan.

Singlish menggabungkan bahasa Inggris dengan gado-gado kata dan frase dari dialek China termasuk Hokkien dan Kanton serta Melayu dan Tamil. Dialek unik ini mulai berakar ketika Singapura merdeka pada 1965.

Beberapa kata Singlish umum digunakan termasuk kaypoh dalam bahasa Hokkien yang berarti pengacau atau usil, makan atau makanan dalam bahasa Melayu dan ta pau merupakan frase orang Kanton untuk “mengambil” dan digunakan dalam konteks makanan.

  1. Roti es krim gerobak seharga 1 dolar Singapura

Lupakan wafel kerucut atau cones, orang Singapura lebih suka es krim mereka terletak di antara dua potong roti lembut yang berwarna pelangi.

Kudaman asli asal Singapura ini dijual oleh pedagang kaki lima di seluruh kota. Menikmati es krim yang dijuluki dengan es krim 1 dolar Singapura ini adalah cara sempurna untuk mendinginkan dahaga di bawah teriknya matahari di Singapura.

  1. Bandara Changi

Kebanggaan dan sukacita dari orang Singapura adalah Bandara Changi yang terkenal mempunyai banyak fasilitas serta bangunannya yang mewah.

Penumpang dapat merasakan layaknya berada di rumah dalam waktu satu jam ketika mendarat di negara ini. Sementara mereka yang transit di sini, mereka bisa menikmati fasilitas seperti bioskop gratis, game, fasilitas mandi, pijat kaki dan lounge untuk tidur.

Changi telah terpilih sebagai bandara terbaik di dunia selama tiga tahun berturut-turut dalam World Airport Awards.

  1. Choping

Mereka menggunakan cara ini untuk menandai atau memesan meja di food court atau area tempat makan umum. Istilah ini biasa disebut dengan “choping”, sedangkan sang pelaku disebut dengan “chopers”.

Bahkan banyak “chopers” yang berani meninggalkan atau menggunakan ID staf, kunci, tas dan hingga ponsel untuk menandai atau memesan kursi serta meja mereka, sementara mereka pergi membeli atau memesan makanan.

  1. Kemasan minuman

Kopi yang dijual di negara ini juga dikemas dengan baik. Minuman kopi, teh tarik, ataupun minuman panas dan dingin lainnya yang disajikan dipusat jajanan akan dikemas dalam tas serut plastik dengan sedotan. Mengapa? Karena dengan cara ini, dianggap murah dan nyaman.

  1. Aula kosong untuk pernikahan & pemakaman

Pernikahan dan pemakaman merupakan sebuah peristiwa yang penting bagi masyarakat tertentu di Singapura, untuk itu dibutuhkan suatu ruangan yang khusus. Ruangan tersebut harus berupa ruangan kosong yang besar. Biasanya masyarakat menggunakan ruangan di perumahan atau apartemen.

  1. Pusat jajanan

Hati dan jiwa Singapura adalah makanan. Para penjuala makanan akan menyajikan makanan dari mulai makanan lokal seperti nasi ayam hingga char kway teow. Pusat jajanan tersebut berada di sudut kota, dan dianggap sebagai tempat termurah dengan rata-rata hidangan hanya 5 dolar Singapura. Namun, Anda harus pastikan kebersihan setiap kios.

  1. Cabai dalam segala bentuk

Saos sambal dengan kentang goreng, potongan cabai merah dengan nasi goreng, cabai blacan dengan mie goreng, minyak cabai dengan pangsit. Itu lah kecintaan warga Singapura dengan rempah-rempah mereka dalam segala bentuk apapun.

Anda akan menemukan rak-rak di supermarket penuh dengan puluhan saus pedas dari seluruh dunia.

  1. Pengontrolan permen karet

Permen karet merupakan hal yang sangat dikontrol ketat di negara ini. Pemerintah melarang penjualan permen karet mulai 1992, sebagai upaya untuk menjaga tempat-tempat umum agar terhindar dari tangan jahil. Namun, larangan yang meraih perhatian dunia tersebut kini mulai melonggar.

Pemerinta Singapura memberikan izin kepada apotek dan dokter gigi untuk menjual, namun digunakan untuk tujuan pengobatan atau gigi, seperti nikotin dan permen karet bebas gula.

Namun, banyak yang menganggap bahwa pembatasan pada permen karet tersebut sombong oleh beberapa pihak.  (eru)

Foto: dr Hj Lilik Hartini

Category: Indeks Berita, Profil