Presiden RI Jokowi Buka Munas ke IX MUI di Surabaya

248 views

25 Munas MUI di Surabaya (bj)Semerusatu.com (Surabaya):  Presiden RI Jokowi membuka  Munas IX MUI yang bertajuk “’Islam Wasathiyyah untuk Dunia yang Berkeadilan dan Berkeadaban”. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (25/8/2015).

Jokowi mengatakan,  tema Munas MUI kali ini  ibarat muara yang jadi pertemuan dua aliran sungai besar, yang selama ini airnya menghidupi umat, yakni Islam Nusantara (NU) dan Islam Berkemajuan (Muhammadiyah).

“Bertemu di sebuah muara yang tujuannya adalah Islam Berkeadilan dan Berkeadaban serta Islam Rahmatan Lil Alamin. Kalau saya simpulkan, umat tengahan yang moderat, inklusif, rukun dan damai,” kata Jokowi.

Jokowi berharap MUI bisa menjadi tenda besar sejati umat Islam yang majemuk, baik yang bergabung dalam ormas Islam atau tidak. “Saya harap MUI juga jadi pelopor reformasi diri, tenda besar yang menaungi Islam yang tidak ekstrem dan mampu menjaga saling pengertian dengan semangat gotong royong dan berdampingan berdasarkan Bhineka Tunggal Ika,” tegasnya.

Jokowi juga meminta MUI bisa memandu masyarakat berpikir yang positif dan optimis. “Pemerintah berharap MUI tetap menjadi mitra strategis dalam membangun bangsa. Masukan dan saran MUI silakan sampaikan ke pemerintah,” lanjutnya. (bj/eru)

Foto: Jokowi Buka Munas ke IX MUI di Surabaya (bj)

Category: Headline, Indeks Berita, Indonesia