Kapolres Jember Buka Kembali Jalan Menuju Roxy

854 views

25jalan roxy JemberSemeruSatu.com (Jember): Kecelakaan maut antara kereta api dengan mobil kijang Innova yang terjadi 16 Agustus 2015,  kini telah menemukan titik terang, dimana saat itu akses jalan menuju perumahan Mandiri Land dan Supermarket Roxy Square Jember, Jawa Timur ditutup oleh Kepolisian. Hal ini dilakukan dalam rangka proses penyelidikan oleh Polres Jember.

Terkait hal itu, Kapolres Jember AKBP M. Sabilul Alif, SH, SIK, menghadiri  rapat gabungan untuk menyelesaikan masalah kejadian tersebut di kantor DPRD Kabupaten Jember, Selasa (25/8/2015).

Hadir dalam forum tersebut, yakni pihak PT KAI DAOP IX Jember, ketua komisi C dan Komisi D, wakil ketua DPRD Ayub Junaidi, Kepala Dinas Perhubungan Isman, Kantor lingkungan hidup, pihak dari mandiri Land, dan pihak dari Roxy Square, dengan pimpinan forum yaitu ketua DPRD Jember H.M. Thoif Zamroni, S.HI

Kapolres mengatakan, lintasan yang sementara ini ditutup, tak selamanya harus ditutup, karena akan dapat memberikan dampak terhadap perekonomian bagi warga sekitar. Hal ini perlu adanya mediasi untuk mencari jalan keluar agar jalan yang awalnya ditutup dapat dibuka kembali.

“Saya merasa terbantu dengan adanya forum ini, karena dengan demikian masalah penutupan akses jalan menuju Roxy dapat terselesaikan,“ katanya sembari menambahkan sulitnya pihak Polri dalam penegakan hukum jika tidak didukung oleh masyarakat, maka akan sulit menuntaskan setiap perkara yang ditangani.

Dari pembahasan itu, akhirnya melalui forum tersebut, Kapolres Jember memberikan keputusannya untuk akses jalan menuju perumahan Mandiri Land dan Roxy Square agar dibuka kembali dengan syarat pengembang segera mengajukan permohonan ijin IJKM, analisis dampak lingkungan lalu lintas (Andal lalin), dan bangunan pos penjagaan perlintasan agar dirobohkan karena mengganggu pandangan kendaraan yang akan melintas, serta dapatnya PT Mandiri Land mengajukan permohonan kepada PT KAI untuk menunjuk petugas penjaga perlintasan kereta api yang menuju Mandiri Land dan Roxy Square.

Di sisi lain, bagi pelaku yang ditahan oleh Polres Jember bisa mendapatkan penangguhan penahanannya selama proses penyelidikan masih berlangsung.

Selanjutnya acara usai, dilakukan penandatanganan notulen dari hasil keputusan dalam forum kesepakatan serta pihak terkait agar melaporkan hasilnya sebulan kedepan untuk mendapatkan evaluasi lebih lanjut. (hpj/eru)

Foto: Polres Jember bahas jalan menuju Roxy

 

Category: Indeks Berita, Jatim