Kapolri: Tak Ada Titipan Jadi Capim KPK

213 views

19 Kapolri2SemeruSatu.com: Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Badrodin Haiti menegaskan,  para Perwira Tinggi polisi yang mendaftarkan sebagai Calon Pimpinan (Capim) KPK merupakan hak prerogatif masing-masing. Polri selaku institusi, hanya sebatas memberikan dorongan sepanjang para calon dinilai memiliki kapabilitas dan kredibilitas yang mumpuni.

“Tidak ada itu namanya titipan. Jadi baik pangkatnya Kompol, AKBP, Bintang Satu, Bintang Dua atau Bintang Tiga memiliki hak yang sama untuk maju mencalonkan diri sebagai pimpinan KPK,” tegas Badrodin di Mabes Polri, Selasa (24/8/2015).

Siapa saja boleh mengikuti seleksi Capim KPK, karena itu hak pribadi sehingga siapapun yang merasa punya kemampuan di dalam penegakan hukum dan penyidikan serta dapat memenuhi persayaratan silakan saja.

Jika salah satu dari anggota polisi ada yang diterima sebagai pimpinan KPK, harus mundur dari institusi Kepolisian karena Undang-undang telah mengatur tidak diperbolehkannya seseorang merangkap dua jabatan.

Sejauh ini, Polri telah merestui beberapa anggotanya yang ikut dalam seleksi Capim KPK diantaranya Irjen Pol Yotje Mende, Irjen Pol Syahrul Mamma, Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto, Bgrigjen Pol Basaria Panjaitan.

Baru-baru ini terdapat dua nama lagi yang kabarnya juga akan mengikuti seleksi. keduanya adalah Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya yang kini menjabat Asisten Sarana dan Prasarana Polri dan Irjen Pol V. Sambudioyono selaku Deputi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional. (tbnews/eru)

Foto: Kapolri didampingi Kadiv Humas Polri

 

Category: Indeks Berita, Mabes Polri