Pengamanan Pilkada, Polres Malang Siapkan Sniper

253 views

26 Kapolres Malang Aris-HariyantoSemeruSatu.com (Malang): Kepolisian Resor Malang, Jawa Timur akan menempatkan sejumlah sniper (penembak jitu) di Kecamatan. Para sniper tersebut disiagakan guna mengamankan jalannya pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2015.

Kepala Kepolisian Resort Malang, AKBP Aris Hariyanto mengatakan, penempatan dan kebutuhan para penembak jitu tersebut situasional, jika terjadi dinamika dalam pengamanan memerlukan, akan dikawal penembak jitu. Namun jika kondisinya landai dan kondusif, tidak perlu.

“Penembak jitu ini akan meluncur jika melihat situasi Pilkada rusuh atau darurat seperti yang tercermin dalam simulasi pengamanan Pilkada tadi, Rabu (26/8/2015). Namun, untuk jumlah personel penembak jitu yang akan kami turunkan masih belum tahu pasti karena tergantung situasi di lapangan,” ujarnya usai memimpin simulasi pengamatan Pilkada Kabupaten Malang di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang.

Menurut Kapolres, polisi yang memberikan tembakan peringatan (dalam simulasi) tadi adalah penembak jitu. Mereka sudah terlatih, dan teruji dalam menembak. Dan, pada kondisi darurat, merekalah yang akan diturunkan untuk pengamanan pilkada.

Sementara dalam simulasi tersebut terlihat sejumlah polisi memberikan tembakan peringatan untuk memaksa mundur para demonstran. Setelah itu polisi mundur, kemudian mengambil posisi yang memudahkan penglihatan mereka melihat situasi demonstran.

Simulasi pengamanan pilkada melibatkan 560 personel polisi dari tiga satuan, yakni Detasemen B Brimob Ampeldento, Polres Kota Batu, dan Polres Kabupaten Malang. Polres Batu dilibatkan dalam simulasi karena sebagian wilayah Kabupaten Malang melintasi wilayah Kota Batu. (tbnews/eru)

Foto: Kapolres Malang

Category: Indeks Berita, Polres