Polres Mojokerto Tangkap Penipuan Berkedok Penerimaan CPNS Pemprov Jawa Timur

1004 views

27 Tipu CPNS MojokertoSemeruSatu.com (Mojokerto): Anggota Satreskrim Polres Mojokerto Kota berhasil membongkar penipuan berkedok penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Jawa Timur senilai Rp 2,5 miliar. Selain mengamankan sejumlah barang bukti, polisi juga mengamankan dua tersangka.

Kapolres Mojokerto, AKBP Bambang Widiatmoko mengatakan, modus tersangka dengan membujuk dan merayu korban dapat diangkat menjadi PNS pemprov Jatim tanpa tes. “Korban diminta menyerahkan antara Rp100 juta hingga Rp150 juta setiap orang,” katanya, Kamis (27/08/2015).

Selain tersangka membujuk dan merayu korban untuk menjadi PNS di Pemprov Jatim tanpa tes, tersangka juga mengaku mempunyai link di jalur BKD Pemprov Jatim. Dari hasil penipuan yang dilakukan dua tersangka tersebut,  sedikitnya ada 700 orang korban, sebanyak 150 korban lainnya warga Kota Mojokerto.

“Nilai kerugian mencapai Rp 2,5 miliar, tidak ada penjabat Pemprov Jatim yang terlibat dengan dibuktikan surat dari BKD Pemprov Jatim yang menyatakan tidak pernah mengeluarkan akan ada penerimaan pegawai. Surat yang dibawa tersangka adalah palsu, itu hanya untuk menyakinkan korbannya. Aksi penipuan tersangka dilakukan selama dua tahun,” lanjutnya di laman beritajatim.com.

Dua tersangka yakni, SHR (62) warga Lingkungan Suromulang, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto dan MHD (66) warga Simolawang, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya. Keduanya dijerat Pasal 348 dan Pasal 372 KUHP dengan ancaman maksimal empat tahun. (eru)

Foto: tersangka dan barang bukti diamankan Polres Mojokerto (bj)

Category: Headline, Indeks Berita, Polres