BNN Bongkar Penyelundupan 103,8 Kg Narkoba dari China dan Negeria

1137 views

28 BNN Bongkar selundupan narkobaSemeruSatu.com: Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil membongkar penyelundupan sabu ke Indonesia hingga 103,8 kg untuk periode Juni-Agustus 2015.

Sabu tersebut diamankan dari 14 sindikat yang dikendalikan dari China dan Nigeria dengan melibatkan 23 tersangka. Lima tersangka warga negara Nigeria dan sisanya warga negara Indonesia.

Modus operandi yang digunakan dengan membagi-bagi paket sabu kepada sindikat-sindikat kecil. Untuk mengelabui petugas, paket sabu tersebut ada yang dimasukkan di dalam alat pijat, tas perempuan, mesin sepeda motor, cartridge printer, dan genset.

“Yang di dalam alat pijat, barang buktinya seberat 20 kg. Di rongga-rongga tas perempuan dua kg. Di mesin motor yang pertama ada 27,8 kg, kedua 37 kg. Sedangkan di dalam cartridge printer tiga kg. Di dalam mesin genset 3,8 kg,” rinci Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BNN, Slamet Pribadi, dalam jumpa pers di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Sementara itu, Deputi Pemberantasan BNN, Inspektur Jenderal Polisi Deddy Fauzi Elhakim menjelaskan, pengungkapan tersebut berhasil dilaksanakan berkat sinergi yang baik dengan Bea Cukai dan Imigrasi.

“Atas perintah presiden, kita dibutuhkan kerjasama lintas sektoral dalam mengungkap tindak pidana narkotika ini. Bukan hanya lintas sektoral, tapi ada kerjasama yang lebih menusuk dan mendalam,” imbuh Irjen Pol Deddy Fauzi Elhakim di laman tribratanews.com. (eru)

Foto: barang bukti yang disita BNN

Category: Headline, Indeks Berita, Narkoba