Kampanye Perdana Pilkada 2015 Bergulir di Jember

689 views

22 Latihan 1SemeruSatu.com (Jember): Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jember 2015, Jawa Timur hanya diikuti dua pasangan, yaitu Hj. Faida, M.MR-Drs. KH. Abd. Muqit Arief dan Drs. Sugiarto-Dr. Dwi Koryanto.

Selayaknya pesta demokrasi, maka akan ada masa kampanye, yang sebelumnya telah dilaksanakan rapat koordinasi. Yang dimana rakor ini berisikan tentang peraturan kampanye pilkada serentak yang digelar Desember 2015 mendatang. Seperti diatur dalam peraturan KPU, kampanye dalam pilkada serentak nanti akan dilakukan oleh KPU Kabupaten. Komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi membenarkan, bahwa sesuai peraturan KPU, iklan sosialisasi dalam bentuk iklan layanan atau ajakan mencoblos sudah bisa dilakukan mulai tanggal 27 Agustus hingga 5 Desember mendatang.

Meskipun kampanye melibatkan pendukung dengan jumlah besar, namun keterlibatan pemilik suara sebagian besar dilakukan melalui media. Media menjadi aktor politik penting dalam masyarakat demokrasi modern.

Sesuai tugas pokoknya yang diatur oleh UU no 2 tahun 2002, kepolisian sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat akan mengamankan berjalannya pesta demokrasi rakyat tersebut.

Pada Jumat (28/8/2015),  pasangan Hj. Faida, M.MR – Drs. KH. Abd. Muqit Arief melaksanakan kampanye perdananya dengan dikawal oleh personil Polres Jember menyampaikan visi dan misinya di berbagai tempat di wilayah Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember.

Kali ini kampanye yang dilakukan oleh pasangan nomor urut 2 ialah berdialog dan perkenalan kepada warga masyarakat sekitar Sumberjambe, selain itu paslon tersebut juga bersilaturahmi ke pondok pesantren di Kecamatan itu. tak lupa selama kegiatan kampanye berlangsung calon bupati Hj. Faida, M.MR juga menyampaikan visi dan misinya.

Hingga pukul 20.00 WIB,  pasangan nomor urut 2 mengakhiri kampanyenya, dan kegiatan tersebut berjalan lancar tanpa adanya gangguan-gangguan yang menimbulkan konflik, sehingga personil yang mengamankan jalannya kegiatan tersebut dapat kembali ke Polres Jember karena keesokan harinya akan dilanjutkan kampanye oleh pasangan nomor urut 1. (hpj/eru)

foto; Pengamanan Kampanye perdana di Jember, Jawa Timur

Category: Indeks Berita, Jatim