Tips Kampanye di Pilkada Serentak Ala SBY

473 views

29 SBYSemeruSatu.com: Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilakukan serentak 2015, partai-partai politik sibuk mempersiapkan diri, tak terkecuali Partai Demokrat.

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memberikan pengarahan kepada para calon Kepala Daerah (Cakada) yang diusung dan didukung oleh Partai Demokrat.

Kepada para cakada dari partai berlambang bintang tersebut, SBY memberikan lima tips kampanye, agar bisa memenangkan hati dan suara dari para pemilih.

“Yang pertama, dalam kampanye, jelaskan cara memajukan daerah dan cara peningkatan kesejahteraan rakyat lima tahun ke depan. Apa yang akan dilakukan lima tahun mendatang? Sasarannya apa? Jelaskan segamblang-gamblangnya. Kalau rakyat percaya dan yakin, mereka akan memilih saudara,” kata SBY di Ballroom Hotel Grand Yasmin, Cipanas, Jawa Barat, Sabtu (29/8/2015).

Kemudian yang kedua, kata SBY, para cakada jangan terlalu banyak mengobral janji dalam kampanye. Menurutnya, rakyat kini semakin pintar dan lebih realistis dalam melihat program-program calon pemimpinnya.

“Ada cagub mengatakan saya, akan pastikan pertumbuhan ekonomi 80 persen. Itu janji palsu. Atau, ada yang bilang, kalau saya (cakada) memimpin, semua gratis, bebas sebebasnya. Dari mana uangnya? Jangan bohong,” ujar SBY di laman viva.co.id.

Tips ketiga dan keempat, SBY meminta para cakada untuk menyampaikan bagaimana cara melakukan stabilisasi harga dan menghidupkan program-program yang pro rakyat.

“Hidupkan kembali program pro rakyat, agar hidup rakyat makin baik. Apalagi ekonomi kita sedang menurun,” jelas mantan Presiden RI tersebut.

Terakhir, ia juga berpesan, agar dalam masa kampanye, para cakada menjaga keamanan dan juga kerukunan sosial. “Agar rakyat tenang dan merasa diayom,” ujar SBY. (viv/eru)

Foto: SBY

 

Category: Indeks Berita, Indonesia