Deklarasi Kampanye Damai Digelar KPU Jember

942 views

30 PIlkada damai di jemberSemeruSatu.com (Jember): Tahapan-tahapan dalam Pilkada serentak 2015 telah dilaksanakan, pada saat ini telah memasuki masa kampanye dimana para calon bupati dan wakil bupati akan bersaing untuk menyampaikan visi dan misi kepada seluruh masyarakat Jember.

Terkait hal itu, KPU Kabupaten Jember, Jawa Timur dengan penanggung jawab Ahmad Anis selaku ketua KPU Jember mengadakan Deklarasi Kampanye Damai (DKD), Sabtu (29/8/2015) pukul 19.30 WIB di kantor KPU Kabupaten Jember. Hal ini bertujuan, Jember menginginkan berjalannya kampanye aman dan tertib.

Turut hadir dalam forum tersebut Komisioner KPU RI Arif Budiman, Kapolres Jember AKBP M Sabilul ALif SH SIK, panwaslu Kabupaten Jember, Ketua DPRD Jember, Sigit Akbari yang pada saat itu mewakili Bupati Jember, Komisioner KPU Provinsi, tim kampanye dari paslon nomor urut 1 Drs. H Sugiarto – dr. Dwi Koryanto Sp. BS dan paslon nomor urut 2 dr. Hj Faidah M.MR – Drs. KH Abdul Muqit Arief bersama tim kampanye.

Kapolres Jember mengatakan, Polres Jember merupakan garda terdepan untuk kesuksesan berjalannya pesta demokrasi Kabupaten Jember akan mengamankan berjalannya Pilkada serentak 2015.

Seluruh masyarakat Jember juga siap mendukung Kepolisian dalam menjaga keamanan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, dengan sebelumnya telah mengumpulkan tokoh agama dan tokoh masyarakat agar seluruhnya dapat berjalan sukses tentunya aman tanpa adanya konflik.

Selama masa kampanye akan menjaga ketat wilayah perbatasan dengan akan melaksanakan kegiatan operasi, tujuannya untuk mencegah masuknya pengaruh-pengaruh dari luar untuk memberikan ancaman yang akan mengganggu berjalannya Pilkada ini.

Di sisi lain, Kapolres Jember juga mengeluarkan maklumatnya yang diantaranya berisi ciptakan pilkada damai yang menjunjung tinggi asas Jurdil (jujur dan adil), Luber (langsung, umum, bebas, rahasia) serta gunakan hak pilihnya sebaik-baiknya.

Kapolres juga menginginkan agar masyarakat Jember jangan mudah terpengaruh terhadap isu-isu negative yang sengaja disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dengan tujuan menciptakan situasi yang tidak kondusif.

Polres Jember akan melakukan tindakan tegas terhadap setiap perbuatan yang melawan hukum atau perbuatan lain yang berpotensi akan membuat keresahan di masyarakat dengan dasar UU No 1 tahun 2015 tentang penetapan Perpu no 1 tahun 2014, UU no 8 tahun 2015 tentang perubahan atas UU no 1 tahun 2015 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serta KUHP.

Sementara Polres Jember tetap bersikap netral serta siap mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pilkada tahun 2015 di Kabupaten Jember.

Kapolres berpesan pada forum tersebut, bahwa marilah bersama-sama menjaga keamanan wilayah Kabupaten Jember, sehingga pesta demokrasi rakyat Jember dapat berjalan aman, tertib serta tidak menimbulkan konflik yang akan merugikan berbagai pihak, utamanya masyarakat Jember.

Hal tersebut dapat ditandai dengan penandatangan MOU ( kesepakatan bersama antar paslon no urut 1 dan paslon nomor urut 2) agar tetap menjaga kampanye damai sehingga pilkada tahun 2015 di Kabupaten Jember dapat berjalan lancar. (hpj/eru)

Foto: MOU Deklarasi Damai Kampanye, Kapolres Jember nampak tanda tangan

Category: Indeks Berita, Jatim