Heran Tak Ada Lampu Merah

676 views

31 Polwan Lahir JombangSemeruSatu.com: Iptu Pratiwi Novianti SH, Kepala Satuan Lantas Polres Bima, tak menyangka saat kali pertama ditugaskan ke Bima, tak ada satupun lampu merah di kawasan tersebut.

Ibu satu anak, lulusan Akpol tahun 2009 Detasemen Ananta Hira kelahiran Jombang 6 November 1988 ini, akhirnya menyikapi penugasannya ke Kabupaten Bima menjadi Kasat Lantas sebagai sebuah bentuk pembuktian atas kualitas yang dimilikinya serta loyalitas pada institusi Kepolisian.

“Sebagai lulusan AKPOL, jelas ini adalah sebuah tantangan bagi saya, dan mungkin bisa menjadi tolak ukur nantinya bagi yang lain bahwa seorang Polwan-pun mampu dan bisa bertugas di daerah seperti ini,” katanya.

Iptu Pratiwi akhirnya menjalankan tugasnya sehari-hari sebagai Kasat Lantas, tidak seperti lazimnya. Saat peristiwa penyerangan Kantor Lantas Polres Bima Kota oleh beberapa anggota Brimob, Pratiwi merasa ikut membantu menyelesaikan masalah tersebut walaupun wilayah Bima Kota bukan wilayah kerjanya.

Pratiwi bersama Kapolres dan Wakapolres Bima Kota dan Kabupaten Bima melakukan pendekatan silaturrahmi ke Markas Brimob Kota Bima. “Saya yakin ini hanya masalah kesalah pahaman saja,” lanjutnya. Dan terbukti, pendekatan silaturrahmi tersebut bisa sedikit meredakan suasana panas yang sempat terjadi.

Kini, setelah hampir setahun bertugas di Kabupaten Bima, Iptu Pratiwi yang sempat terkejut saat pertama kali tiba di sana karena tak menemukan satupun rambu lalu lintas berupa lampu merah di seluruh wilayah kerjanya, akhirnya mulai membentuk dan mengubah mindset warga masyarakat tentang etika dan tata cara berlalu lintas yang selama ini mereka ketahui.

“Inilah motivasi yang membuat saya semakin ingin terus berusaha keras dan bekerja maksimal disini,” katanya yang juga sangat terkesan dan terharu atas sambutan masyarakat padanya seperti dilansir dari laman tribratanews.com.

“Di sini masyarakat sangat menghargai dan menghormati kami, hubungan yang terjalin bukan lagi antara polisi dan masyarakat tetapi lebih seperti keluarga. Dan saya betah kok di Bima” lanjutnya. (eru)

Foto: Iptu Pratiwi

Category: Indeks Berita, Profil