Paketan Itu Bukan Bondet, Tapi Kembang Api

946 views

31 Bom PerakSemeruSatu.com: Dua kardus paket yang diduga berisi bom rakitan, tergeletak di tepi jalan sekitar 500 meter dari pintu gerbang Tol Dupak 2, Surabaya sempat mengegerkan pengguna jalan.

Sebanyak 19 benda berbentuk bulat dan bersumbu dalam kardus tersebut, langsung dievakuasi oleh Tim Gegana Polda Jatim, Sabtu (29/8/2015). Kali pertama yang mengetahui adanya kardus tersebut, yakni seorang petani tambak yang menyangka barang pengguna jalan tol yang terjatuh.

Saat didekati malah membuat pria tersebut ketakutan, karena menyangka ada bom ikan (bondet), dan melaporkan ke petugas jaga tol, dan dilanjutkan ke kepolisian.
Tidak lama kemudian petugas Gegana datang dan membawa benda itu dibawa ke Mako
Brimob di Jalan Gresikan. Setelah diteliti ternyata benda itu bukan bondet, namun kembang api berukuran besar.
Kapolres Tanjung Perak, AKBP Arnapi mengatakan, memastikan benda itu bukan bondet. Benda berbentuk itu adalah kembang api, yang sering digunakan untuk perayaan.
“Biasanya benda tersebut diledakan dengan pelontar, dan melihat posisinya benda tersebut tidak terjatuh dari kendaraan,” kata Arnapi.
Penjelasan Kapolres ini, setelah pihaknya melihat pondisi kembang api yang tertata
rapi. Dan jika terjatuh jelas kondisi bola­ kembang api tersebut berserakan. Ditambahkan
jika pihaknya belum mengetahui pemilik, dan motif pemilik membuang bunga api itu di Tol
Dupak.

Dia menduga benda itu berasal dari Gresik, dan akan dibawa ke Surabaya. Menurutnya,
kemungkinan pemiliknya khawatir terjaring razia bila membawa benda itu ke Surabaya melalui kawasan Polres Tanjung Perak. “Selama ini Polres dan jajaran sering merazia petasan. Mungkin itu yang membuat pemiliknya khawatir,” pungkasnya. (eru)

Foto: Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak amati barang bukti

 

Category: Headline, Indeks Berita, Polres