Polisi Amankan Kosmetik Palsu Satu Kontainer

341 views

31 Pemalsuan Kosmeti di JakartaSemeruSatu.com: ‎Direktorat Reserse Kriminal Khusus Subdit Bidang Perdagangan dan Insdustri (Indag) Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya menangkap pelaku penipuan yang memproduksi berbagai macam obat dan kosmetik palsu sebanyak satu kontainer.

Kasubdit Indag, AKBP Agung Marliyanto mengatakan, terungkapnya pemalsuan obat dan kosmetik tersebut bermula dari adanya laporan warga, kemudian anggota menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan.

Saat diselidiki ditemukan sebuah kosmetik merek terkenal dan ternyata tidak diproduksi namun diedarkan di pasaran oleh perusahaan ternama tersebut.

Pemalsu kosmetik yakni RE alias Simon (43) dan dirinya ditangkap di sebuah rumah toko (ruko) DePellaic di Lipo Karawaci Tangerang, Rabu (2015-08-26) DePellaic di Lipo Karawaci, Tangerang, Banten.

” Di Ruko tersebut tersangka memproduksi dan mengelola kosemetik palsu tersebut, lalu di distribusikan di pasar-pasar tradisonal, seperti di Asemka dan Pasar Raung Serang,” ujar Kasubdit Indag, AKBP Agung Marliyanto, Senin (2015-08-31).

Tersangka beraksi sudah berjalan selama enam tahun. ”Untuk memuluskan aksinya tersangka menggunakan bungkus atau nama-nama kosmetik terkenal seperti Citra dan Garnier, dan kosmetik palsu tersebut ia jual di pasar tradional. Diperkirakan untungnya pertahun mencapai Rp. 200 juta,” lanjutnya seperti dilansir di laman tribratanews.com.

RF memproduksi kosmetik palsu menggunakan Hidrokinoin (bahan yang sudah diperingatkan Permenkes untuk tidak diedarkan ke masyarakat juga Internasional), bahan dasar kosmetik yang dibeli dari Pasar Asemka.

Menariknya dari kasus ini, istri RF ditangkap beberapa tahun lalu karena melakukan pemalsuan kosmetik juga. Akibat perbuatannya, RF dijerat Pasal 197 UU RI No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, dengan ancaman pidana penjara 15 tahun dan denda paling banyak Rp1,5 MilIar. (tbnews/eru)

Foto: Barang bukti yang disita

 

Category: Headline, Indeks Berita, Polda