Buruh di Jawa Timur Demo di Gedung Grahadi Surabaya

715 views

1 Buruh demoSemeruSatu.com: Ribuan buruh di Jawa Timur turun jalan untuk menuntut perbaikan kualitas hidup,  Selasa (1/9/2015). Meski arus lalu lintas macet, namun para buruh yang menyerbu itu terus berjalan hingga sampai di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Ribuan buruh itu tergabung dalam FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) dan KSPI (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia).

Dalam orasinya, mereka mempertanyakan kuantitas upah dan dana pensiun yang diterima oleh buruh di Indonesia.

Mereka juga mempertanyakan mengapa PNS (Pegawai Negeri Sipil) bisa mendapatkan upah dan dana pensiun yang berlimpah, sedangkan para buruh hanya menerima gaji setara UMR (Upah Minimum Regional) yang menurut mereka seringkali juga tidak dijalankan oleh perusahaan-perusahaan.

Dalam aksinya, para buruh itu menggunakan beberapa mobil pick-up yang berisi sound system dan ratusan sepeda motor.

Sementara buruh PT Cinderella Villa Indonesia (CVI) mengepung Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terkait dengan rencana eksekusi atas objek sengketa lahan di jalan Tanjungsari 73-75 Surabaya, Selasa (1/9/2015).

Para buruh menolak dengan keras atas rencana eksekusi tersebut karena dengan adanya eksekusi maka nasib para buruh akan menjadi tidak jelas.

“Kita adalah kaum buruh, mencari nafkah untuk keluarga.Kami menolak eksekusi oleh Pengadilan,” teriak buruh sambil terus bernyanyi untuk saling memberikan semangat pada rekan-rekannya.

Mahfud selaku perwakilan dari Serikat Buruh Keserikatan (SBK) menyatakan bahwa buruh tidak mempersoalkan siapa yang benar dalam sengketa ini namun pihaknya mempertanyakan bagaimana nasib para buruh apabila eksekusi tetap dilaksanakan.

“Siapapun yang menjadi pemenang dalam sengketa ini, hal itu bukan menjadi urusan buruh.Namun, dampak dari eksekusi ini terhadap buruh dimana buruh akan menjadi pihak yang lemah, akan kehilangan pekerjaannya. Sedangkan di undang-undang jelas tertuang bahwa warga negara berhak mendapat kehidupan yang layajk,” ujarnya. (surya/bj/eru)

Category: Headline, Indeks Berita, Jatim