Kapolri Resmikan Renovasi Monumen Polwan yang Berdiri 1993

360 views

1 Monumen Polwan di BukittinggiSemeruSatu.com: Bertepatan dengan hari jadi Polisi Wanita (Polwan) ke-67, Kepala Kepolisian Respublik Indonesia, Jenderal Polisi Badrodin Haiti meresmikan Monumen Polwan di Bukittinggi, Selasa (1/9/2015).

Peresmian Monumen Polwan dihadiri pejabat Mabes Polri, senior dan sesepuh Polwan, Gubernur Sumatera Barat dan Ninik Mamak Sumbar serta sekitar 1.000 Polwan seluruh Indonesia.

Sejatinya, Monumen Polwan telah berdiri sejak tahun 1993. Di usianya yang ke-22, Monumen ini telah mengalami kerusakan akibat faktor alam dan manusia. Oleh karena itu, pemugaran dilakukan agar bermanfaat dan memberikan kebaikan bagi Kota Bukittinggi serta menambah khazanah sejarah bagi kota wisata ini.

Sejak diresmikan pada tahun 1993, bangunan fisik Monumen mengalami banyak kerusakan. Atas saran dan dukungan ibu asuh Polwan Elly Sutarman yang merupakan istri Kapolri saat itu, Jenderal Sutarman, agar Monumen segera direnovasi. Walhasil, Polwan mengirim tim untuk melakukan survey ke lokasi Monumen, seperti dilansir di laman tribratanews.com.

Hasil survey menunjukkan, bahwa kondisi fisik bangunan Monumen sudah tidak layak lagi untuk tetap berdiri di tengah lingkungan strategis Bukittinggi yang juga semakin berkembang. Karenanya, perlu dilakukan pemugaran dan Polwan ketika itu segera membentuk tim dan merencakan pemugaran Monumen serta merenovasi kondisi fisik Monumen mulai dari design bangunan, patung, prasasti, pagar, dan gerbang Monumen yang disesuaikan dengan adat budaya Sumatera Barat. (tbnewas/eru)

 

Category: Indeks Berita, Indonesia