Mabes Polri Gagalkan Perdagangan Manusia ke Timur Tengah

368 views

BorgolSemeruSatu.com: Moratorium buruh migran ke Timur Tengah rupanya menjadi celah para pelaku perdagangan manusia untuk mengirimkan para calon pekerja ke sana. Beragam cara ditempuh, salah satunya dengan memalsukan dokumen ketenagakerjaan para buruh migran, juga memetakan rute pemberangkatan.

Modus tersebut terkuak dalam pengungkapan praktik perdagangan orang oleh Subdit III Tindak Pidana Umum, Minggu (27-09-2015), di Jati Sampurna, Bekasi. Pengungkapan ini terkait laporan salah satu buruh migran yang bekerja di Kairo yang juga menjadi korban perkosaan.

“Jadi sejak moratorium dengan beberapa negara-negara Timur Tengah, jalur pemberangkatan TKI via Malaysia baru ke Timur Tengah,” ujar Kasubdit III Kombes Umar Surya Fana, di Mabes Polri, Selasa (29-9-2015).

Celah bebas visa ke Malaysia rupanya dijadikan para pelaku sebagai pintu pemberangkatan para korban perdagangan orang ke negara-negara tujuan di Timteng.

Selain melalui jalur udara untuk menuju ke Malaysia, para korban trafficking juga diberangkatkan melalui jalur laut. Rute yang ditempuh adalah melalui pelabuhan internasional di Batam, Kepulauan Riau (Kepri). “Dari Malaysia mereka akan menggunakan visa wisata, bukan izin bekerja,” kata Umar dilansir dari tribratanews.com.

Disinggung mengenai jumlah kejahatan perdagangan orang, khususnya ke Timteng, di tengah moratorium pemerintah, Umar tidak mengetahui jumlah pasti. Diakuinya pengiriman buruh migran tetap berlangsung meski terjadi penurunan. “Memang ada penurunan kedatangan TKI, tapi harusnya sudah zero penerimaan,” lanjut Umar.

Sebelumnya, tiga tersangka yang tertangkap itu masing-masing berinisial CC, I dan A. Kasus ini bermula dari adanya laporan korban berinisial GL yang melapor ke Bareskrim. GL juga menjadi korban perkosaan di Kairo.

Polisi yang melakukan pengembangan berhasil menemukan 14 korban lainnya di Malaysia. Ke-14 korban berhasil diselamatkan dan saat ini ditampung di KBRI di Kuala Lumpur, Malaysia. (eru)

Foto: ilustrasi

Category: Headline, Indeks Berita, Indonesia, Mabes Polri