Berkas TPPU Kades Hariyono Dilimpahkan, 4 Mobil Jadi Barang Bukti

680 views

13 Mobil milik Kades LumajangSemerusatu.com:  Tim penyidik Polres Lumajang di-back-up Polda Jatim bukan hanya menangani kasus pembunuhan Salim Kancil dan penganiayaan Tosan. Namun tim penyidik juga berhasil menyita 4 mobil milik Hariyono, Kapala Desa Selok Awar Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang diduga keras menjadi aktor intelektual “Kasus Lumajang”.

Penyitaan 4 mobil jenis Toyota Rush, Nissan Evalia dan Fortuner dan Avanza, ini ditangani oleh tim penyidik Tindak Pidana Penyucian Uang (TPPU) Ditreskrimsus Polda Jatim. Sampai Kamis (22/10/2015) barang bukti 4 mobil diamankan di Mapolda Jatim.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes R.P Argo Yuwono mengatakan, selain mobil milik Kades Hariyono diamankan untuk barang bukti, penyidik juga melakukan pemblokiran rekening tersangka Hariyono, yang ada di bank itu.

Kerja keras tim penyidik selalu membuahkan hasil yang diharapkan, mengingat kasus di Lumajang itu mencuat dan menjadi perhatian publik termasuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). “ Yang jelas kami tidak main main untuk sesegera mungkin menuntaskan kasus di Lumajang dan kasus yang satu ini juga mendapat prioritas Kapolda Jatim (Irjen Pol Anton  Setiadji),” ujar Argo-sapaan akrabnya.

13 mobil Kades4 Berkas Dikirim Ke Kejari

Sementara kasus ilegal minning dengan LP.A/169/IX/2015/Jatim/Res Lumajang tertanggal 29 September 2015 berdasarkan hasil penyidikan dilakukan splitzing  menjadi 4 berkas yang sudah dikirim kepada Kejari Lumajang.

Pertama, berkas perkara tersangka Kades Hariono selaku pengelola dijerat pasal 158 dan atau 161 UU No 4 tahun 2009 tentang Minerba.

Kedua, berkas perkara melibatkan 2 tersangka berinisial EH alais Reza (peran pemilik alat berat) dan KR (teknisi alat berat) dijerat pasal 158 UU No 4 tahun 2009 tentang Minerba Jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Ketiga, berkas melibatkan 3 tersangka berinisial HK (juga terlibat kasus pembunuhan Salim alias Kancil), tersangka berinisial MS (juga terlibat kasus pembunuhan Salim Kancail dan penganiayaan terhadap Tosan). Dan tersangka berinisial YS. Mereka dijerat pasal 158 UU No 4 tahun 2009 tentang Minerba Jo pasal 55 ayat (1) ke I KUHP.

Keempat, berkas perkara  melibatkan 7 tersangka berinisial WT (juga terlibat pembunuhan Salim Kancil dan penganiayaan Tosan), HD ( juga terlihat pembunuhan dan penganiayaan), DD (juga terlibat penganiayaan), RH (tersangka baru), EK (tersangka baru), SS (tersangka baru)  dan HM (tersngka baru). Mereka dijerat pasal 158 UU No 4 tahun 2009 tentang Minerba Jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP. (eru)

13 BB mobil Kades 1Foto: mobil Kades Hariono yang disita Polisi

 

Category: Headline, Indeks Berita, Kejaksaan, Polres