Menkeu dan BC Kanwil Jatim Musnahkan 6.172.315 Rokok dan 1 Ton Tembakau Ilegal

448 views

3 Pemusnahan rokok malangSemerusatu.com: Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro bersama petugas Bea Cukai Kanwil Jatim II Musnahkan jutaan batang rokok ilegal di halaman depan kantor Direktorat Jendral Bea Cukai DJBC) Jawa Timur II, berkantor di Jalan Raden Intan No. 3 Malang, Selasa (3/11/2015). Hal  ini dilakukan sebagai upaya pemberantasan peredaran rokok ilegal di Indonesia.

Saat ini DJBC sedang genjar menciptakan “Fair Treatment” untuk melindungi industri rokok yang telah mematuhi segala ketentuan membayar cukai sesuai kewajibannya.

Selain untuk meningkatkan penerimaan negara dari sektor cukai, penindakan ini juga untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif peredaran rokok ilegal.

Pemusnahan 6. 172.315 batang rokok ilegal dan 1,6 ton tembakau iris ilegal ini sebagai simbolis. Rokok yang dimusnahkan  itu hasil dari razia petugas Bea Cukai di wilayah Jatim II yang meliputi. Malang, Kediri, Tulungagung, Blitar, Madiun, Panarukan, Banyuwangi, Probolinggo.

“Memang potensi kerugian hanya sekitar Rp 1 milyar tapi keberadaan rokok ilegal ini mengurangi pangsa-pangsa rokok yang legal. Tentunya ini mendapat apresiasi dari industri rokok karena kita bisa menjaga pangsa rokok yang legal,” ujar Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro.

Selain mengapresiasi penindakan ini, Menteri Keuangan juga berharap industri rokok yang ada di daerah  Kanwil Jatim II segera legal dan pemerintah akan mendorong penjualan hingga sampai ke luarnegeri.

“Kami akan dorong industri rokok yang masuk wilayah ini (Kanwil Jatim II) juga bisa ekspor, untuk itu kita akan berikan fasilitas kemudahan impor ekspor untuk industri rokok tersebut,” katanya.

Selain rokok ilegal Bea Cukai Jatim II juga melakukan pengawasan dalam upaya “Comunity protection” dengan melakukan penidakan terhadap barang lainya antara lain, Softgun, obat-obatan, Suplemen, Seks Toys, penindakan ini dilakukan di kantor pos dengan modus barang kiriman dari luar negeri  (bj/eru)

foto: Musnahkan barang bukti rokok dan tembakau ilegal

Category: Headline, Indeks Berita, Kejaksaan