Panic Button Berbasis Android di Malang Kota Jawa Timur

596 views

5 Malang androidSemerusatu.com: Aplikasi “Panic Button” dipergunakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menghubungi atau yang memerlukan bantuan polisi. Rencana aplikasi berbasis android ini Go Nasional kali pertama berada di kota Malang, Jawa Timur.

“Kebutuhan untuk membuat aplikasi yang skala besar, saat ini sedang diproses,” kata Kapolres Malang Kota AKBP Singgamata Sik.Mh, Selasa (3/11/2015) siang.

Aplikasi sejenis Panic Button tersebut mendapat perhatian luas bagi masyarakat. Itu terlihat dari jumlah pengunduh aplikasi. Layaknya aplikasi GOJEK, aplikasi Polres Malang Kota sudah mencapai 2.400 buah.

Begitu pula dengan laporan warga melalui aplikasi gratis ini. Menurut Singgamata, respon masyarakat Kota Malang memanfaatkan aplikasi ini sangat baik. “Warga yang laporan sangat besar, hal yang remeh pun ikut dilaporkan tapi tidak apa,” lanjut Singgamata sembari menambahkan selain itu, aplikasi ini juga membuat Asisten Rencana Polri, Irjen Arif Wahyunadi menyambangi Kantor Polres Malang Kota.

“Aplikasi ini menjadi bahan masukan ke Mabes Polri dan perlu d analisa dan evaluasi terlebih dahulu. Efektifitas aplikasi tersebut di tengah masyarakat, serta tanggapan masyarakat setelah memanfaatkan aplikasi tersebut.

Selain melihat proses aplikasi “Panic Button”, Arif juga menuntaskan penilaian Kompolnas Award yang baru berlangsung pertama kali di Indonesia. Menurut Arif, Jawa Timur sudah meloloskan dua wakil ke perhelatan ini. Dua wilayah yang lolos ke penilaian Kompolnas award adalah Polres Malang  Kota dan Polres Jember. “Keduanya masuk sembilan besar. Ini sudah bagus, sebab ada 452 Polres se Indonesia yang kami seleksi,” ujar Arif. (hpm/eru)

Foto; Kapolres Malang Kota

 

Category: Headline, Indeks Berita, Indonesia