Palsu KTP dan KK Untuk Kredir Motor Baru

599 views

10 palsu KTPSemerusatu.com: Ulah Mat Bakri (46) ini cukup cerdik. Lelaki asal Sawah Pulo Kulon Surabaya ini berurusan dengan polisi setelah mengajukan kredit motor menggunakan Kartu Keluarga (KK) dan KTP palsu.

Dari ulah yang dilakukan, tersangka telah mendapat lima unit motor dari beberapa finance. Motor yang kebanyakan Honda Beat itu dijual ke Madura senilai Rp 4 juta. Pembeli motor yang beeinisial J, kini dalam pencarian polisi.

Mat Bakri yang diperiksa penyidik mengaku, untuk mendapatkan KK dan KTP palsu, tersangka minta tolong tetangganya, Fauzi (37). Fauzi ini adalah karyawan honorer di Kecamatan Semampir, Surabaya.  “KK dan KTP yang dipesan ke tersangka Fauzi seharga Rp 300.000,” ujar Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, AKP Lily Ja’far, Selasa (10/11/2015).

Setelah mendapatkan KK dan KTP palsu,  Mat Bakri datang ke leasing untuk mengajukan kredit motor. Namun saat pihak leasing survey, tersangka mengajak ke rumahnya yang asli di Sawah Pulo. Tetapi saat pengiriman kendaraan, tersangka menurunkan di tengah jalan. Si antaranya Honda Beat L 2824 PF.

“Jadi lima motor setelah diambil tak pernah dibayar. Uang dari hasil penjualan dipakai lagi untuk mengambil motor di leasing. Uang mukanya Rp 500.000,” lanjutnya.

Tersangja Mat Bakri mengaku, melakukan pemalsuan lantaran terdesak membayar utang di rentenir. Uang itu katanya setelah dipakai mencalonkan menantunya sebagai caleg sebuah partai di Pamekasan.

“Waktu pencalonan itu saya meminjam uang pada rentenir, karena kalah dan bunga sudah menumpuk akhirnya mencari uang dengan cara memalsukan KK dan KTP,” akunya. (eru)

Foto: tersangka dan barang bukti

Category: Headline, Indeks Berita, Polres